Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

1.500 Anggota Banser Siap Amankan Muktamar NU di Lampung

Senin 20 Dec 2021 18:14 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nashih Nashrullah

1.500 anggota Banser Nahdlatul Ulama (NU) siap amankan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung, 22-24 Desember 2021.

1.500 anggota Banser Nahdlatul Ulama (NU) siap amankan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung, 22-24 Desember 2021.

Foto: Republika/Mursalin Yasland
Banser menggelar apel persiapan amankan Muktamar ke-34 di Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Sedikitnya 1.500 orang anggota Banser akan mengamankan jalannya Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di empat titik penyelenggaraan di Lampung, Rabu (22/12) sampai Jumat (24/12).

Apel siaga anggota Banser telah dilakukan di masing-masing tempat untuk persiapan pembukaan muktamar pada Rabu (22/12).

Baca Juga

Ketua Panitia Pelaksana Daerah Muktamar NU, Prof Moh Mukri, mengatakan pelaksanaan pembukaan tetap dilakukan di Pondok Pesantren Darussa’adah, Kecamatan Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung pada Rabu (22/12) pagi. Presiden Joko Widodo akan membuka muktamar yang dihadiri langsung Wapres Ma’ruf Amin.

Untuk mengamankan area pembukaan dan pelaksanaan muktamar di empat titik pelaksanaan yakni di Kabupaten Lampung Tengah dan Kota Bandar Lampung, panitia telah menyiapkan dan menyiagakan sedikitnya 1.500 orang anggota Banser NU. “Masing-masing tempat muktamar disiagakan ratusan anggota Banser,” kata Moh Mukri dalam keterangannya, Senin (22/12).

Ia mengatakan, pelaksanaan muktamar kali ini berbeda seperti muktamar-muktamar sebelumnya, dikarenan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, panitia membagi penyelenggaraan muktamar menjadi empat tempat berbeda dan berjauhan.

Di Pondok Pesantren Darussa’adah, Gunungsugih, Lampung Tengah menjadi pusat muktamar, mulai dari pembukaan sampai pada acara pemilihan ketua umum PBNU. Sedangkan penutupan rencanannya akan digelar pada Kamis malam setelah pemilihan ketua umum.

Moh Mukri mengatakan, bila tidak memungkinkan penutupan dilakukan pada Kamis malam, acara penutupan oleh Wapres Ma’ruf Amin akan digelar di Kampus UIN Raden Intan II, pada Jumat pagi, sekaligus peresmian Masjid  Safinatul Ulum dalam kampus UIN.

Berdasarkan pemantauan Republika.co.id, Senin (22/12) siang, masing-masing tempat pelaksanana muktamar seperti di Universitas Lampung (Unila), UIN Raden Intan II, dan Universitas Malahayati (Unmal), ratusan anggota Banser NU telah melakukan apel siaga. Apel siaga tersebut diikuti anggota Banser NU lengkap pada masing-masing bidangnya, baik pengamanan, kesehatan, dan lainnya.

Anggota Banser NU juga selain melakukan pengamanan di area pelaksanaan muktamar, juga melakukan pengamanan di area tempat penginapan peserta muktamar yakni di Wisma Unila, Wisma Unmal, dan penginapan lainnya di Kota Bandar Lampung.

Pada H-2 pembukaan Muktamar ke-34 NU, sudah dilakukan pemeriksaan wilayah pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin di Ponpes Darussa’adah pada saat pembukaan nanti.

“Sekarang ini sudah tidak boleh sembarang orang masuk wilayah pondok Darussa’adah, sudah steril,” kata Koordinator Humas dan Media, Aria di Bandar Lampung, Senin (20/12).

Aria mengatakan, hanya peserta perwakilan masing-masing cabang, wilayah, dan otonom lainnya yang nantinya dapat masuk area pembukaan muktamar di Pondok Darussa’adah. Sedangan peserta lainnya termasuk kalangan pers hanya dapat menyaksikan di lokasi lain yang disediakan siaran daring zoom. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA