Senin 20 Dec 2021 17:27 WIB

Pendaki Unjuk Gigi di Batu Pasir Jabal Hisma Neom

Pilar batu pasir Jabal Hisma, Neom akan jadi tujuan pendakian kelas dunia terbaru

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Lahan yang diperuntukkan untuk kota bentuk Oktagon (Neom) di Arab Saudi
Foto: Al Araby
Lahan yang diperuntukkan untuk kota bentuk Oktagon (Neom) di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, NEOM -- Arab Saudi terus mengembangkan 100 rute olahraga dan panjat tebing tradisional di pilar batu pasir Jabal Hisma, Neom. Tempat ini digadang-gadang akan jadi tujuan pendakian kelas dunia terbaru.

Neom adalah sebuah kota dagang bebas yang dicanangkan oleh Kerajaan Arab Saudi bekerja sama dengan perusahaan minyak Saudi Aramco dan dipublikasikan kepada khalayak pada akhir Oktober 2017. Luas kota ini direncanakan mencapai 26.500 kilometer dan melintasi tiga negara yakni Arab Saudi, Mesir, dan Yordania.

Dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (19/12). Kerajaan ingin menciptakan rumah baru untuk olahraga petualangan di Neom yang menampung lebih dari 80 pendaki dari Arab Saudi dan wilayah tersebut untuk mencoba rute baru dan menemukan keindahan alam.

"Neom adalah wilayah yang beragam dan luas dengan peluang tak terbatas untuk olahraga petualangan bagi semua orang.  Dengan penetapan rute panjat tebing ini, kami lebih berdedikasi dari sebelumnya untuk menciptakan taman bermain petualangan di mana orang dapat benar-benar tenggelam dalam keindahan alam Neom yang luar biasa," kata Managing Director of Sport di Neom, Jan Paterson.

“Sambil terlibat dalam aktivitas yang mempromosikan aktivitas fisik dan kesejahteraan.  Kami bertujuan untuk menjadi lingkungan olahraga petualangan yang sepenuhnya adaptif dan berkelanjutan untuk semua orang.  Rise 100 adalah awal yang sangat menarik bagi kami, dan kami sangat senang bahwa kami menyampaikan ini dengan Federasi Pendakian dan Pendakian Saudi, "tambahnya.

100 rute kelas dunia, dengan tingkat kesulitan dari French Grades 5 hingga 8a akan menarik baik pemula maupun pendaki berpengalaman. Beberapa area dikembangkan secara khusus untuk mendukung pelatihan pendaki baru dan menemukan keindahan alam Neom.

Bergabung dengan barisan atlet global yang berpartisipasi adalah pemanjat juara nasional AS lima kali, Emily Harrington, menyelesaikan beberapa rute selama tiga hari, termasuk rute menantang kelas 7b+.  Harrington juga bergabung dengan sesama pendaki dan perintis wanita, Yasmin Yousef Ghahtani, direktur eksekutif Federasi Pendakian dan Pendakian Saudi (SCHF) dan Instruktur Tembok Pendakian bersertifikat Saudi pertama.

"Panjat tebing adalah olahraga yang berkembang pesat di Arab Saudi dan kawasan, dan kami senang bekerja sama dengan Neom untuk mengembangkan tujuan baru yang luar biasa ini baik untuk lokal maupun pendaki internasional.  Sebagai pendaki Saudi yang mendaki melintasi Eropa dan AS sejak 2013, saya senang menjadi bagian dari perjalanan ini untuk menciptakan tujuan panjat tebing baru di Kerajaan dan berbagi keajaiban negara saya sendiri dengan seluruh dunia," kata Yasmin Yousef Ghahtani, Managing Director Saudi Climbing and Hiking Federation.

Neom telah memprioritaskan keberlanjutan di area pendakian baru, atau 'tebing,' memastikan bahwa kepedulian terhadap lingkungan lokal lebih diutamakan daripada pembangunan di daerah tersebut.  Ini juga melibatkan masyarakat lokal dalam perencanaan dan pemeliharaan tebing.  Warisan alam dan sejarah dari daerah sekitarnya akan ditandai dengan jelas, dan pengunjung di masa depan akan diminta untuk menjaga kepatuhan yang ketat terhadap pedoman pelestariannya.

Tebing Hisma berada di ketinggian 1.000 meter, dengan banyak pilihan pendakian untuk semua musim.  Dengan dasar pasirnya yang lembut dan struktur batuan yang ikonik, ngarai yang indah ini sangat menarik di bulan-bulan musim dingin.  Tebing ini memiliki batu pasir gurun yang menawarkan fitur unik dan tekstur fenomenal, sambil melayani beragam gaya pendakian.

Neom telah berkomitmen 95 persen dari luas daratannya untuk pelestarian dan regenerasi alam, dan tujuan pendakian barunya terletak di dalam Cagar Alam Neom yang didedikasikan untuk perlindungan dan pemulihan alam untuk menampilkan keanekaragaman hayati Arab terbaik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement