Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Ridwan Kamil Nilai Persatuan Harus Ditingkatkan

Senin 20 Dec 2021 15:16 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

 Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berbagai persoalan yang sekarang terjadi memerlukan kekompakan semua pihak agar satu per satu bisa diatasi.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berbagai persoalan yang sekarang terjadi memerlukan kekompakan semua pihak agar satu per satu bisa diatasi.

Foto: Edi Yusuf/Republika
Persatuan dan soliditas masyarakat khususnya pemuda sangat diperlukan saat ini

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persatuan dan soliditas masyarakat khususnya pemuda sangat diperlukan untuk mengatasi setiap tantangan bangsa saat ini. Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berbagai persoalan yang sekarang terjadi memerlukan kekompakan semua pihak agar satu per satu bisa diatasi.

"KNPI Jawa Barat harus jadi teladan sebagai organisasi yang memperlihatkan persatuan, bukan pertengkaran," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat menghadiri pelantikan pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat periode 2021-2024, di Arcamanik Sport Centre, Kota Bandung, Ahad (19/12) lalu.

Baca Juga

Emil mengatakan, persatuan dan soliditas masyarakat di negeri ini harus diperkuat seiring banyaknya pertikaian yang terjadi di hampir semua tingkatan masyarakat. "Di negeri ini terlalu banyak pertengkaran, dari level elit sampai akar rumput. Organisasi motor pecah, ormas partai pecah. Ada apa dengan bangsa ini, begitu mudahnya bertengkar. Beda sedikit, pecah," katanya.

Padahal, kata Emil, saat ini Indonesia memerlukan persatuan dan soliditas masyarakatnya dalam menghadapi berbagai persoalan seperti pandemi virus korona dan pertumbuhan ekonomi. Emil pun mengingatkan KNPI Jawa Barat agar bersatu demi optimalisasi pembangunan di Jawa Barat.

"Tunjukan KNPI di Jawa Barat jadi teladan di Indonesia. Judulnya saja Pemuda Jawa Barat bersatu, Indonesia juara," katanya.

Emil pun memastikan keutuhan KNPI Jawa Barat dengan hanya merestui kepemimpinan organisasi tersebut yang saat ini dipimpin Ridwansyah Yusuf Achmad. "Jadi hanya satu KNPI yang saya restui. Saya percaya Kang Ridwansyah Yusuf sanagt paham untuk menghadapi tantangan," katanya.

Hal serupa disampaikan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama. Menurutnya KNPI harus hadir langsung ke setiap persoalan yang dialami masyarakat.

"Ini jadi fokus, KNPI harus bergerak bagaimana vaksinasi agar terus berjalan. Bencana alam, organisasi kepemudaan berhimpun di KNPI, jadi harus terdepan dalam membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah," katanya seraya menilai salah satu kemajuan pembangunan ada di tangan pemuda khususnya KNPI.

Sementara menurut Ketua KNPI Jawa Barat Ridwansyah Yusuf Achmad,  pihaknya akan solid dalam membangun kepemudaan di Jawa Barat. "Bukan untuk memulai seremoni, tapi untuk membuktikan masih ada anak muda yang cinta negeri ini," katanya.

Saat ditanya tentang adanya perpecahan KNPI seperti yang terjadi di tingkat pusat, Yusuf optimistis hal ini tidak akan terjadi di Jawa Barat. KNPI Jawa Barat hanya satu. KNPI Jawa Barat tidak bisa diganggu pihak manapun. Kita satu, kita ekspresikan berbagai langkah dalam membangun Jawa Barat," katanya.

Tanpa berlama-lama, Yusuf pun akan membawa organisasi yang dipimpinnya ini menjadi mitra pemerintah dalam mengatasi setiap persoalan. "Pemuda di Jawa Barat berbicara ide, gagasan. Ini mandat, amanah, titipan dari belasan juta pemuda lainnya untuk membangun Jawa Barat. KNPI hadir untuk menjadi mitra strategis, mitra kritis pembangunan di Jawa Barat," katanya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA