Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Ini Hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

Senin 20 Dec 2021 13:10 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani

Toleransi (ilustrasi)

Foto:
Indeks Kerukunan Umat Beragama ini mengukur tingkat kerukunan masyarakat

Adlin juga memaparkan, populasi survei KUB ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum yang telah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

"Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih atau spot check. Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti," jelasnya.

Selain itu, hasil survei Indeks KUB berupa naskah kebijakan ini bertujuan memberikan rekomendasi terkait persoalan kerukunan. Di antara rekomendasinya ialah dengan memperkuat sinergisitas antarlembaga terkait kerukunan, meningkatkan dimensi toleransi di setiap provinsi melalui kegiatan sosial lintas, perlunya pendidikan multikultural, dan menambah kurikulum pendidikan agama yang menjadi satu kunci utama agar toleransi menjadi tinggi.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA