Senin 20 Dec 2021 08:46 WIB

Bank Dunia Beri Pinjaman 400 Juta Dolar AS Bantu Program JKN

Pendanaan bertujuan untuk meningkatkan mutu perawatan kesehatan program JKN.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Bank Dunia menyetujui pinjaman senilai 400 juta dolar AS untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi program jaminan kesehatan nasional (JKN) Indonesia.
Foto: BPJS Kesehatan
Bank Dunia menyetujui pinjaman senilai 400 juta dolar AS untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi program jaminan kesehatan nasional (JKN) Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Dunia menyetujui pinjaman senilai 400 juta dolar AS untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi program jaminan kesehatan nasional (JKN) Indonesia. Adapun pendanaan ini untuk meningkatkan mutu perawatan kesehatan, meningkatkan efisiensi pembelanjaan JKN, serta mendukung pembuatan maupun pelaksanaan kebijakan JKN.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan pendanaan tersebut juga akan mendukung perbaikan sistem informasi kesehatan, sehingga dapat lebih terintegrasi ke dalam pembuatan kebijakan JKN yang lebih tepat sasaran dan terinformasi.

Baca Juga

“Program tersebut akan melibatkan empat pemangku kepentingan utama JKN, yakni Kementerian Kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-K), Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), serta Kementerian Keuangan untuk memfasilitasi koordinasi dan mengurutkan reformasi yang diperlukan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (20/12).

Menurutnya dukungan tersebut akan disalurkan melalui instrumen program for results (PforR) milik Bank Dunia yang mengaitkan pencairan dana dengan pencapaian hasil program yang spesifik dan dirancang periode lima tahun. Adapun 

program tersebut akan menggunakan berbagai indikator, termasuk perbaikan proses pemberian perawatan pada fasilitas perawatan kesehatan dan rumah sakit tingkat satu, penguatan pengelolaan klaim asuransi dan pencegahan klaim yang tidak perlu, serta pada peningkatan pemanfaatan data dalam pembuatan keputusan maupun pendukungnya. 

Seluruh penerima manfaat JKN sebanyak sekitar 220 juta orang, 60 persen di antaranya tergolong miskin atau hampir miskin, akan mendapatkan manfaat dari upaya perbaikan tersebut.

“Melalui dukungan ini, Bank Dunia tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam upaya menjamin akses rumah tangga yang berkelanjutan kepada layanan kesehatan yang penting yang berkualitas,” kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen.

Adapun selain dukungan dari Bank Dunia, Bill and Melinda Gates Foundation akan memberikan dana hibah sebesar 2,33 juta dolar AS melalui World Bank’s Indonesia Human Capital Acceleration multi-donot trust fund untuk meningkatkan kapasitas JKN dalam melaksanakan dan mengoordinasikan prakarsa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement