Senin 20 Dec 2021 07:29 WIB

Ini Kunci Sukses Karier Anda pada Masa Depan

Satu-satunya kepastian tentang masa depan adalah fakta bahwa hal itu tidak pasti.

Wanita karier/ilustrasi
Foto: bananatechs.com
Wanita karier/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Para pengusaha sukses atau profesional kerap memberikan tip berkarier sukses di berbagai seminar atau pelatihan. Biasanya, mereka mengungkapkan pentingnya kompetensi inti, keterampilan unik, hingga keahlian mendalam. Sejauh yang dapat kita ingat, kunci sukses adalah mengembangkan spesialisasi yang memungkinkan kita menaiki tangga profesional.

Contohnya, kita tidak cukup hanya menjadi seorang dokter, namun perlu berspesialisasi lebih jauh, mungkin di bidang kardiologi. Tapi kemudian menjadi ahli jantung saja tidak cukup, seseorang harus berspesialisasi lebih jauh, mungkin sebagai ahli bedah jantung. Dan itu bukan hanya terjadi di dunia kedokteran atau medis, tetapi berlaku di hampir semua profesi.

Pesannya jelas. Silakan fokus pada pengembangan keahlian dan Anda akan naik pangkat dan mendapatkan lebih banyak uang. Pendekatan itu berhasil. Banyak pemimpin saat ini naik dengan spesialisasi.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah itu cukup?

Vikram Mansharamani, seorang dosen di Universitas Harvard, seperti dikutip oleh cnbc.com, mengingatkan bahwa dunia kita berubah begitu cepat sehingga mereka yang memiliki keahlian pun bisa menghadapi situasi yang penuh. ''Untuk bertahan di dunia sekarang ini, penting untuk menjadi gesit dan fleksibel,''ujarnya.

Bagaimana caranya? Mansharamani pun mengungkapkan penting untuk memperkecil dan lebih memperhatikan konteks di mana Anda membuat keputusan.

''Baca seluruh makalah, bukan hanya bagian tentang industri Anda. Apakah fokus utama Anda adalah minyak dan gas? Pelajari dinamika yang mempengaruhi sektor ritel. Apakah Anda seorang profesional keuangan? Mengapa tidak membaca buku tentang pemasaran? Berpikir lebih besar dan lebih luas dari yang biasa Anda lakukan,'' kata penulis buku "THINK FOR YOURSELF: Restoring Common Sense in an Age of Experts and Artificial Intelligence" itu.

Strategi lain adalah memikirkan bagaimana perkembangan yang tampaknya tidak terkait dapat berdampak satu sama lain. Tak lupa, pelajari interkoneksi lintas industri dan bayangkan bagaimana perubahan dalam satu domain dapat mengganggu operasi di domain lain.

''Jeff Bezos bukanlah spesialis ritel yang menantang dan mengakuisisi pesaingnya dan menang. Dia adalah pendatang baru di dunia ritel tetapi mampu beradaptasi dengan cepat untuk menangkap peluang besar,'' lanjutnya.

Mansharamani turut memaparkan banyak perusahaan berwawasan ke depan mencari pengalaman multifungsi saat merekrut. Ini penting untuk perusahaan besar seperti Google, misalnya, di mana karyawan berpindah dari tim ke tim dan dari peran ke peran.

Faktanya, Lisa Stern Hayes, salah satu perekrut top Google, mengatakan dalam podcast bahwa perusahaan menghargai mereka yang bisa menyelesaikan masalah serta memiliki "kemampuan kognitif umum" daripada pengetahuan terkait tugasnya.

"Pikirkan tentang seberapa cepat Google berkembang," katanya. "Jika Anda hanya mempekerjakan seseorang untuk melakukan satu pekerjaan tertentu, tetapi kemudian perusahaan kami membutuhkan perubahan, kami perlu yakin bahwa orang tersebut akan menemukan hal lain untuk dilakukan di Google. Itu kembali lagi dengan mempekerjakan generalis yang cerdas."

Jika Anda relatif baru dalam dunia kerja, saran saya adalah mengelola karier Anda dengan memperoleh keragaman pengalaman geografis dan fungsional. Kemampuan analisis yang Anda kembangkan (misalnya keterampilan statistik dasar dan penalaran kritis) dalam proses akan berjalan dengan baik saat bersaing dengan mereka yang lebih fokus pada keterampilan khusus.

Satu-satunya kepastian tentang masa depan adalah bahwa hal itu tidak pasti. Pesatnya kemajuan kecerdasan buatan dan inovasi teknologi telah mengkomoditikan informasi. ''Kunci masa depan adalah, yah, bukan keterampilan; itu adalah pendekatan, filosofi, dan cara berpikir — dan sangat penting Anda mengadopsinya segera setelah Anda mampu,'' ujar Mansharamani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement