Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Erlangga Syahru

sisi positif bermain game bagi seseorang

Gaya Hidup | Sunday, 19 Dec 2021, 13:30 WIB

Sumber: suara.com

Halo sahabat republika, salam kenal saya rangga tapi di panggil syahru juga bisa temen temen. Kali ini saya akan membahas tentang sisi positif bermain game temen temen . beberapa orang pasti ada yang pro dan kontra terhadap game, tapi disini saya akan menjelaskan tentang sisi positif bermain game temen-temen. Karena bermain game itu bukan berarti membuang buang waktu dan membuat malas tapi bermain game juga bisa menghasilan uang dan membuat kita lebih bahagia, untuk bisa tau sisi positif bermain game apa saja bisa simak pembahasan dibawah ini ya teman-teman

Bagaimana game bisa mempengaruhi pemain nya?

Menurut American Psychological Association (APA) bermain game dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, termasuk spatial navigation, persepsi, daya ingat, sampai pemikiran kritis. Menariknya, game tembak-tembakan, yang dianggap penuh kekerasan, juga dapat memberikan efek positif, yaitu meningkatkan spatial cognition (kemampuan untuk melakukan navigasi dalam ruang 3D). “Ini penting dalam edukasi dan pengembangan karir anak, karena riset membuktikan bahwa kemampuan spatial seseorang memengaruhi pencapaiannya di bidang sains, teknologi, engineering, dan matematika,”. Lalu C. Shawn Green dari Associate Professor, Department of Psychology, University of Wisconsin-Madison mengatakan bahwa action game memang dapat memengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Ada tiga kemampuan kognitif yang akan meningkat jika seseorang bermain action game. Pertama adalah persepsi, bagaimana kita memahami keadaan sekitar berdasarkan rangsangan yang panca indera kita terima. Kedua adalah spatial cognition, yaitu kemampuan untuk menavigasi dalam lingkungan 3D. Terakhir adalah top down attention, ini merupakan kemampuan untuk mengacuhkan distraksi yang ada dan tetap fokus pada satu tujuan yang telah ditetapkan.

Setiap game tidak menimbulkan dampak yang sama

Action game memang terbukti memberikan dampak baik pada kemampuan kognitif seseorang. Namun, itu bukan berarti semua game memberikan efek yang sama. Game sangat beragam, hadir dengan genre dan gameplay yang berbeda-beda. Bermain role-playing game dan puzzle game akan memberikan dampak yang berbeda dari memainkan action game. Meskipun begitu, bukan berarti hanya action game yang memberikan dampak positif. Dalam risetnya, APA mengungkap, memainkan game strategi, termasuk RPG, meningkatkan kemampuan problem-solving anak. Satu hal yang pasti, bermain game dapat meningkatkan kreativitas para pemainnya, terlepas dari genre yang mereka mainkan.

Sisi positif bermain game untuk seseorang apa saja?

1.Melatih otak dan mental

Karena saat bermain game kita membutuhkan keterampilan dan berfikir secara abstrak dan berfikir yang baik untuk memenangkan game terebut

2.Meningkatkan rasa percaya diri

Karena di game kita diberi keputusan untuk menyelesaikan masalah sendiri tanpa membutuhkan orang lain.

3.Melatuh pengendalian emosi

Saat bermain game dan muncul rintangan, kita diajarkan untuk tidak cemas dan tetap tenang dalam menghadapinya. Kondisi ini dapat membantu mengajarkan kita untuk mengendalikan emosi.

Setelah membaca pembahasan diatas kita jadi tahu bukan bahwa bermain game tidak hanya menimbulkan dampak negative saja tetapi juga bisa menimbulkan dampak positif. Selain itu bermaun game juga bisa di lakukan jika kita jenuh terhadap pekerjaan atau keseharian sekolah yang membuat cape.Tetapi bermain game cukup dilakukan seperlu nya saja ya kawan karena tidak bagus juga bermain game sampai lupa waktu apalagi sampai meninggalkan ibadah.

Sekian pembahasan dampak positif bermain game dari saya teman-teman, saya harap pembahasan saya diatas bisa bermanfaat bagi teman-teman semua dan bisa memahami nya. Ingat yaa teman-teman bermain game boleh asal jangan sampai lupa waktu.

Referensi

ybrid.co.id/post/pengaruh-positif-bermain-game

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696048/dampak-positif-main-video-games-bagi-anak

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image