Senin 20 Dec 2021 02:10 WIB

Meneladani Pentingnya Ikhlas dari Kisah Imam Malik

Tanpa keikhlasan, semua amal ibadah atau amal shaleh tidak bisa diterima oleh Allah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Berbuat ikhlas  (ilustrasi)
Foto: www.moslemsubang.wordpress.com
Berbuat ikhlas (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Imam Abdul Karim bin Hawazin bin Abdul Malik, atau dikenal dengan sebutan Imam Qusyairi (wafat 465 H) dalam kitab tafsirnya memposisikan ikhlas sebagai landasan dari segala ibadah. Menurutnya, tanpa keikhlasan, semua amal ibadah atau amal shaleh tidak bisa diterima oleh Allah, dan hanya menjadi pekerjaan yang tidak membawa manfaat bagi orang yang mengerjakannya. 

Dalam kitbanya Lathaif al-Isyarat, Imam Qusyairi mengartikan ikhlas sebagai upaya memposisikan Allah SWT sebagai satu-satunya tujuan dan tulus melakukan segala amal kebaikan hanya untuk Allah SWT. Dengan keikhlasan, semua amal ibadah akan lebih sempurna dan lebih besar kemungkinan untuk diterima oleh-Nya. 

Baca Juga

Ada sebuah kisah yang menerangkan pentingnya keikhlasan dalam melakukan segala sesuatu. Kisah ini berawal pada masa Imam Malik bin Anas, tepatnya ketika dia berupaya mengumpulkan hadits-hadits Rasulullah dalam satu kitab yang kini dikenal sebagai kitab Muwattha’. Inspirasi itu datang karena pada masanya, tidak banyak ulama yang berusaha mengumpulkan hadits dalam satu kitab khusus. 

Niat ini pertama kali dicetuskan oleh Khalifah Abu Ja’far Al-Manshur yang saat itu bertemu dengan Imam Malik dan melihat hafalan dan penjelasan beliau yang kuat tentang hadits Rasulullah. Khalifah pun memohon agar sang imam berkenan menuliskan kitab khusus yang berisi hadits-hadits Rasulullah. 

Namun Imam tidak langsung mengiyakan permintaan Abu Ja’far, karena menurutnya setiap orang memiliki metode dan cara masing-masing untuk mengetahui dan memahami hadits Rasulullah, sehingga tidak pantas jika hanya membatasi dengan pemahaman dari persepsinya saja. Namun akhirnya, Imam Malik mencoba mengakomodasikan hadits-hadits Rasulullah yang dia ketahui menjadi satu sembari mencari hadits lain yang beliau dia ketahui. 

Di sela-sela perjuangannya, mulai bermunculan orang-orang yang mengomentasi usahanya bahkan ingin menyainginya, kebanyakan dari mereka hanya ingin mendapatkan pujian dari khalifah atau masyarakat. Berbeda dengan Imam Malik yang tulus dan ikhlas mengumpulkan hadits Rasulullah tanpa ada niatan untuk mendapatkan pujian dari pihak mana pun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement