Ahad 19 Dec 2021 20:25 WIB

Babak Pertama, Dua Gol Irfan Jaya Bawa Indonesia Unggul 2-1 Atas Malaysia

Di sepuluh menit terakhir babak pertama Indonesia terus menekan pertahanan Malaysia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia Irfan Jaya (kanan) berselebrasi usai menjebol gawang lawan dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2020 di Singapura.
Foto: ANTARA/Humas PSSI
Pemain timnas Indonesia Irfan Jaya (kanan) berselebrasi usai menjebol gawang lawan dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2020 di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (Timnas) Indonesia membalikkan keadaan saat melawan Malaysia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12) malam WIB. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Malaysia langsung memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Indonesia di menit-menit awal pertandingan. Beberapa peluang mengancam gawang Indonesia, tapi beruntung skuad Garuda bisa keluar dari ancaman di sepuluh menit pertama.

Baca Juga

Malaysia berhasil membobol gawang Indonesia di menit ke-13 melalui tendangan setengah voli dari Kogileswaran setelah memanfaatkan buangan tidak sempurna dari Irfan Jaya. Malaysia pun unggul 1-0 atas Indonesia.

Sejurus kemudian Ezra Walian mendapat peluang di depan gawang Malaysia. Namun upaya umpan tarik yang dia berikan ke tengah belum bisa dimaksimalkan karena tidak ada pemain Indonesia yang berada di sana.

Indonesia kembali mendapat peluang saat terjadi kemelut di depan gawang. Dua kali percobaan dari Rumakiek dan Kambuaya berhasil dijegal oleh pemain belakang Malaysia. Tapi wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Di menit ke-22 serangan yang dibangun dari sisi kanan berhasil menembus pertahanan Malaysia. Gelombang serangan mengancam gawang Malaysia. Namun peluang-peluang di depan gawang masih kembali dihentikan. Percobaan dari Pratama Arhan masih terlalu tinggi di atas mistar gawang.

Malaysia hampir menggandakan keunggulan saat melancarkan serangan balik di menit ke-34. Nadeo terburu-buru meninggalkan gawang. Beruntung sontekan Syafiq melenceng dari sasaran.

Di menit ke-35 Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui umpan tarik Witan Sulaeman ketika melanjutkan umpan terobosan dari Irianto. Irfan yang berada di tengah berhasil memaksimalkan peluang tersebut untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Di sepuluh menit terakhir Indonesia terus menekan pertahanan Malaysia. Di menit ke-43 akselerasi dari Arhan ke kotak penalti Malaysia berhasil memberikan peluang bagi Irfan Jaya di mulut gawang Malaysia untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

Indonesia:

Nadeo Arga Winata; Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga; Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek, Irfan Kaya; Ezra Walian.

Pelatih: Shin Tae-yong

Malaysia:

Khairul Fahmi; Dionjohan, M. Syahmi, Putra Nadhar, M. Rizal; Baddrol, M. Safawi, Arif Aiman, Kogileswaran Raj, M. Syafiq, M. Faisal.

Pelatih: Tan Cheng Hoe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement