Ahad 19 Dec 2021 15:00 WIB

Buah-buahan Ini Bisa Bantu Kulit Jadi Sehat

Ada banyak nutrisi dalam buah-buahan yang membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Buah-buahan yang bisa membantu kulit menjadi sehat (ilustrasi).
Foto: Pixabay
Buah-buahan yang bisa membantu kulit menjadi sehat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak diragukan lagi, makan buah sangat penting untuk tubuh agar memiliki gizi seimbang dan sehat. Selain itu, buah-buahan juga sangat bermanfaat bagi kulit Anda. 

Dari antioksidan hingga vitamin A dan C, ada banyak nutrisi dalam buah-buahan yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Dilansir di laman popsugar.com pada Ahad (19/12), rutinitas perawatan kulit yang terperinci dapat membantu menciptakan kulit yang lebih bersih tetapi terlepas dari jenis kulit yang Anda miliki. Selain itu, makan buah umumnya bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut buah yang dapat membuat kulit Anda sehat:

Baca Juga

1. Semangka

Selain menjadi buah paling segar untuk dimakan selama musim panas, semangka juga memiliki manfaat untuk kulit yang bertahan sepanjang tahun.  

Buah-buahan padat air seperti semangka adalah sumber hidrasi yang bagus dan merupakan kunci dalam menjaga kulit tetap sehat dan tampak awet muda. Semangka terdiri dari 93 persen air dan kaya akan asam malat yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan atas kulit. Berkat manfaat asam malat, kulit Anda cenderung memiliki kulit yang lebih halus.

2. Beri

Baik itu stroberi, blackberry, atau bluberi adalah buah beri pada umumnya baik untuk kulit karena mengandung antioksidan vitamin C dan vitamin A. Vitamin C merupakan antioksidan dan berperan dalam pembentukan kolagen sedangkan vitamin A digunakan untuk mengobati jerawat dan  mencegah garis-garis halus dan kerutan.

Baik vitamin A dan C juga digunakan untuk memperbaiki hiperpigmentasi. Jangan membatasi diri Anda hanya pada bluberi dan blackberry. Buah mulberry, rasberi, dan cranberry juga baik untuk kulit.

3. Kelapa

Buah-buahan yang lebih berlemak seperti kelapa juga bagus untuk kulit Anda. Selain memberikan hidrasi, kelapa mengandung asam laurat yang tinggi yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain kelapa mentah, minyak kelapa mengandung asam linoleat atau vitamin F yang membantu kulit mempertahankan kelembapan.

4. Pisang

Selain mengisi dan memberi energi, pisang mengandung fenolat dan antimikroba, yang membantu mengobati lesi jerawat. Fenolat adalah senyawa yang menawarkan perlindungan terhadap enzim yang menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin di kulit. Fenolik umumnya ditemukan dalam kulit pisang dan juga sering digunakan untuk mengobati luka bakar atau radang kulit.

5. Pepaya

Pepaya tidak hanya disukai karena rasanya yang manis dan suasana tropisnya. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain, yang membantu mengurangi peradangan. Mereka juga dapat membantu mempertahankan diri dari kerusakan kulit, mencegah penuaan dini dan meningkatkan elastisitas karena jumlah antioksidannya yang tinggi.

6. Alpukat

Buah-buahan yang lebih berlemak seperti alpukat mendukung struktur kolagen dan elastin di dalam kulit Anda. Ini membantu Anda terlihat lebih muda lebih lama. Alpukat juga kaya akan antioksidan dan lemak sehat seperti asam oleat dan dikemas dengan senyawa yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement