Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

Strategi Memulai Bisnis Barbershop Agar Selalu Ramai dan Disukai Pelanggan

Bisnis | Saturday, 18 Dec 2021, 16:59 WIB
Sourcer : ayobandung.com
Sourcer : ayobandung.com

Memotong rambut adalah sebuah kebiasaaan yang tidak bisa dilewatkan oleh para pria. Namun sebenarnya bukan para wanita saja yang perlu memperhatikan gaya rambutnya itu, melainkan pria pun sangatlah perlu untuk memperhatikan gaya rambutnya mereka sendiri.

Memotong rambut itu sendiri biasanya dilakukan setiap bulan sekali atau pun beberapa bulan sekali. Biasanya anak-anak sekolah pasti memotongnya setiap bulan sekali. Namun berbeda ketika halnya para mahasiswa maupun pekerja, mereka bisa 1 bulan lebih sekali ataupun 2 bulan sekali tergantung keinginan masing-masing.

Karena tingginya kebutuhan, banyak bermunculan usaha barbershop yang dikhususkan untuk pria saja. Bisnis ini mungkin hanya terlihat simple, bahkan banyak orang yang tidak sadar akan peluang omzet berbisnis barbershop ini.

Nah untuk itu kamu perlu memperhatikan tips-tips memulai bisnis barbershop yang sukses. Berikut Ulasannya!

Mencari Barber Terbaik

Ketika seorang pelanggan datang ke tempat cukur rambut dan barber tersebut memiliki keahlian atas permintaan gaya rambut kamu yang sesuai. Nah nilai inilah yang bisa membuat pelanggan kamu menjadi puas dan pastinya akan datang kembali ke tempat kamu. Selain memiliki keahlian secara teknis, tetapi juga harus bisa memberikan pelayanan yang baik juga kepada pelanggan.

Bisa Mengikuti Gaya Tren Rambut

Salah satu alasan pelanggan terus datang ke tempat barbershop kamu yaitu bisa mengikuti tren rambut yang diminta oleh pelanggan. Kamu bisa meminta barber yang telah kamu miliki agar mengikuti training secara rutin ataupun kamu bisa menyuruhnya untuk mencari informasi tentang gaya tren rambut kekinian.

Apalagi barbershop kamu sudah banyak diminati oleh para anak muda, hal ini bisa mengikuti tren untuk bersaing dengan barbershop lainnya.

Mencari Tempat Strategis

Menentukan sebuah tempat strategis untuk berbisnis sangatlah penting karena lokasi bisnis ini harus dipikirkan secara matang. Ketika lokasi bisnis kamu strategis nantinya peluang bisnis kamu semakin dikenal dengan orang.

Dengan lokasi yang strategis juga akan memudahkan calon pelanggan untuk menemui tempat barbershop kamu. Apalagi lokasi barbershop kamu didekat sekitaran kampus maupun kosan mahasiswa, hal ini kemungkinan membuat ramainya pengunjung yang akan datang ke tempat barbershop kamu.

Carilah Lokasi yang Sedikit Pesaing

Kamu harus memperhatikan pesaing kamu dalam bisnis barbershop ini. Ketika di daerah tersebut sudah banyak barbershop dan memang sudah terlihat ramai, lebih baik kamu untuk mencari lokasi yang lain ya karena hal ini pasti akan susah ketika bersaing dengan mereka.

Lengkap Dengan Fasilitas

Kelengkapan fasilitas barbershop akan membuat para pelanggan menjadi nyaman ketika di potong rambut di tempat kamu. Biasanya ketika antrian sedang penuh, para pelanggan lainnya harus menunggu antrian berikutnya.

Nah untuk itu, misalnya kamu sediakan kursi yang empuk serta ruang tunggu nya pun memakai kursi yang empuk. Selain itu lengkapi juga dengan ruangan ber AC, televisi, wifi gratis dan air minum gratis.

Menurut Barbertopia, salah satu franchise barbershop terbaik, fasilitas yang tersedia benar-benar menunjang dalam berjalannya bisnis. Meski fasilitas tersebut masuk kategori non tujuan, tapi setidaknya ada aktivitas yang bisa dilakukan ketika pelanggan harus menunggu.

Kamu juga perlu menjaga kebersihan dengan menyiapkan tong sampah agar para pelanggan bisa betah dan berlama-lama di barbershop kamu.

Sediakan Paket Full Service

Nah biasanya beberapa orang yang datang ke barbershop tidak hanya untuk mencukur rambutnya lho, melainkan ada juga yang ingin mencukur jenggot, kumis, pijat rambut, bahkan ada yang ingin mengganti warna rambutnya.

Nah agar bisa memberikan pelayanan yang lengkap kamu bisa membuat harga paket, misalnya harga cukur rambut Rp15.000 dan harga pewarnaan warna Rp20.000.

Tetapi ketika pelanggan ingin cukur rambut dan mengganti warna rambutnya, kamu bisa memberikan harga Rp30.000. Dengan begitu para pelanggan akan lebih hemat dan pastinya pelanggan yang lain akan tertarik dengan paket yang ada di barbershop kamu.

Nah itulah beberapa tips buat kamu untuk memulai bisnis barbershop yang sukses. Semoga bermanfaat ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image