Ahad 19 Dec 2021 05:03 WIB

Kantor SAR Banten Siaga Natal dan Tahun Baru

Petugas juga dapat memberikan pengamanan di sekitar perairan Selat Sunda.

Kantor SAR Banten Siaga Natal dan Tahun Baru (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Kantor SAR Banten Siaga Natal dan Tahun Baru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,LEBAK -- Kantor Pencarian dan Pertolongan atau SAR Banten memberlakukan siaga Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Kami berharap melalui kesiagaan itu agar perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 berjalan lancar dan aman," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banten Adil Triyantodalam rilis yang diterima di Serang, Sabtu (18/12).

Baca Juga

Pemberlakuan siaga SAR Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mulai dilaksanakan 17 Desember 2021 sampai dengan 4 Januari 2022.Petugas tersebut disebar pada beberapa titik lokasi, seperti Dermaga Penyeberangan Merak danJalan Tol Cikande-Merak.

Selain itu, juga di beberapa titik lokasi wisata di wilayah Banten, di antaranya kawasan Pantai Anyer-Serang, Pantai Carita-Pandeglang, Pantai Tanjung Lesung-Pandeglang, Pantai Bagedur Malingping-Lebak, dan Pantai Sawarna Bayah-Lebak.

Petugas SAR juga melakukan pemantauan di lintasan alur penyeberangan Merak-Bakauheni (Lampung) dengan menggunakan KN SAR Tetuka dan RIB 02 Banten. "Kami minta petugas di lapangan agar bekerja dengan baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru," katanya pula.

Ia juga mengatakan petugas yang siaga SAR itu tentu harus berkoordinasi dengan instansi terkait di tiap tiap titik lokasi baik pelabuhan, jalan tol maupun tempat wisata. Petugas juga dapat memberikan pengamanan di sekitar perairan Selat Sunda bagian utara maupun selatan. Apalagi, saat ini cuaca di perairan itu kondisinya sangat buruk dengan gelombang tinggi disertai angin kencang.

Karena itu, petugas SAR dapat memberikan pengamanan atas tingginya frekuensi lalu lintas penyeberangan. Begitu juga wisatawan diimbau tidak berenang sekitar pantai guna menghindari kecelakaan laut.

"Kami menyebar petugas SAR untuk memberikan rasa aman dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2022," katanya menegaskan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement