Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Leeds United Jadi Korban Teranyar Arsenal

Ahad 19 Dec 2021 03:26 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Manajer Arsenal Mikel Arteta dalam sebuah laga Liga Primer Inggris. Teranyar, Arsenal menang 4-1 atas Leeds United, Ahad (19/12) dini hari WIB.

Manajer Arsenal Mikel Arteta dalam sebuah laga Liga Primer Inggris. Teranyar, Arsenal menang 4-1 atas Leeds United, Ahad (19/12) dini hari WIB.

Foto: AP/Jon Super
Arsenal menang telak 4-1 di kandang Leeds United.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Arsenal terus menapaki tren positif performa. Setelah membungkam Southampton dan West Ham di dua laga terakhir, The Gunners sukses membungkam Leeds United pada pekan ke-18 Liga Primer Inggris, Ahad (19/12) dini hari WIB.

Tidak tanggung-tanggung, tim besutan Mikel Arteta itu berhasil menekuk tim arahan Marcelo Bielsa itu, 4-1. Selain berhasil meneruskan laju kemenangan, kemenangan di kandang Leeds United ini juga makin menegaskan kemampuan apik The Gunners dalam membobol gawang lawan.

Baca Juga

Total, The Gunners mampu mengemas sembilan gol dan hanya kebobolan satu gol di tiga laga terakhir. Klub asal London Utara itu pun kian nyaman di posisi keempat klasemen sementara dengan koleksi 32 poin dari 18 laga.

The Gunners unggul empat poin dari West Ham United, yang duduk di peringkaat kelima. The Gunners juga memangkas jarak poin dengan Chelsea, di posisi ketiga, menjadi tinggal tersisa lima poin. Namun, baik West Ham dan Chelsea masih mengantongi satu laga sisa dibanding The Gunners.

Sementara buat Leeds United, kekalahan ini semakin memperpanjang mimpi buruk kampiun Divisi Championship musim 2019/2020 tersebut. The Whites menelan kekalahan di tiga laga terakhir, termasuk saat dibekap Manchester City, 0-7, tengah pekan ini.

The Whites pun tertahan di peringkat ke-16 dan semakin mendekat ke zona degradasi dengan hanya mengantongi keunggulan lima poin dari peringkat ke-18. Usai membungkam West Ham United, 3-0, di laga terakhir, para penggawa The Gunners tampil dengan kepercayaan diri tinggi di laga ini.

Pada menit ke-16, Gabriel Martinelli bisa membawa The Gunners unggul. Menerima sodoran umpan Alexander Lacazette, Martinelli melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Ini bukan satu-satunya gol yang dicetak gelandang serang asal Brasil tersebut.

Pada menit ke-28, Martinelli kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini, gelandang berusia 20 tahun itu menyelesaikan umpan terobosan Granit Xhaka dalam sebuah skema serangan balik cepat dengan sepakan keras kaki kanan. Tidak berhenti sampai disitu, Arsenal terus membardir pertahanan Leeds United, yang ditinggal sejumlah pemain andalannya lantaran mengalami cedera.

Hasilnya, Bukayo Saka membawa Arsenal menutup babak pertama dengan keunggulan, 3-0, lewat sepakan kaki kiri yang terarah ke pojok kiri gawang The Whites. Pada babak kedua, Leeds United akhirnya bisa merobek gawang tim tamu.

Pelanggaran Ben White terhadap Joe Gelhardt berbuah hadiah penalti buat The White. Raphinha, yang ditunjuk sebagai eksekutor, mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Namun, gol ini terbukti datang begitu terlambat buat Leeds United. The Gunners malah mampu menutup laga dengan tambahan satu gol.

Emile Smith-Rowe, yang masuk menggantikan Bukayo Saka, ikut ambil bagian dalam pesta gol The Gunners tersebut. Gelandang berusia 21 tahun itu melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti setelah memanfaatkan umpan dari Martin Oodegard. Gol Smith-Rowe pada menit ke-84 ini akhirnya mengakhiri kemenangan besar The Gunners dalam lawatan ke Stadion Elland Road.

Susunan Pemain:

Leeds United (4-2-3-1) Pelatih: Marcelo Bielsa Kiper: Meslier Belakang: Dallas, Ayling, Koch, Drameh Tengah: Forsaw, Klich; Harrison, Roberts, Rapinha Depan: Gelhardt

Arsenal (4-2-3-1) Pelatih: Mikel Arteta Kiper: Ramsdale Belakang: Tierney, Magalhaes, White, Tomiyasu Tengah: Xhaka, Partey; Martinelli, Oodegard, Saka Depan: Lacazette

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA