Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Gemilang Bersama Arsenal, Performa Odegaard Mendekati Level Terbaiknya

Ahad 19 Dec 2021 01:53 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Andri Saubani

 Manajer Arsenal Mikel Arteta berbicara kepada Martin Odegaard pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Arsenal di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (28/8).

Manajer Arsenal Mikel Arteta berbicara kepada Martin Odegaard pada pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Arsenal di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (28/8).

Foto: AP/Rui Vieira
Meski muda, Odegaard memiliki banyak pengalaman di klub berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta kembali menyinggung sepak terjang Martin Odegaard. Menurut dia, eks Real Madrid itu terus menancapkan taji di the Gunners.

Sepanjang musim 2021/22 bergulir, Odegaard sudah membela Meriam London dalam 15 pertandingan Liga Primer Inggris. Ia mampu mencetak empat gol, selama periode tersebut. Bukan hanya piawai di level teknis.

Baca Juga

Menurut Arteta, wonderkid Norwegia itu memiliki jiwa kepemimpinan. Tentu saja, kelebihan tersebut tidak jatuh dari langit. Ada proses yang dilewati.

"Dia sangat, sangat muda, tetapi dia sudah memiliki banyak pengalaman di klub berbeda, dan di sepak bola internasional," kata juru taktik berkebangsaan Spanyol ini, dikutip dari laman resmi klubnya, Sabtu (18/12).

Ia menilai, dalam beberapa pekan terakhir, performa Odegaard terus berkembang. Itu bersamaan dengan laju positif Arsenal. The Gunners kini berada di posisi keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Ada banyak penggawa London Utara, menampilkan performa luar biasa. Termasuk pemuda 22 tahun itu.

"Dia semakin mendekati level terbaiknya," ujar Arteta.

Odegaard memulai petualangan di level tertinggi ketika hijrah ke Spanyol pada 2014 silam. Ia dikontrak Real Madrid. Namun terlebih dahulu ia ditempatkan di tim Castilla.

Setelahnya, sang gelandang dipinjamkan ke berbagai klub seperti Vitesse, Real Sociedad, dan Arsenal. Produk akademi Stromsgodset itu benar-benar menampilkan kinerja terbaik saat menjadi andalan Sociedad.

Tapi entah mengapa, ia selalu gagal menembus tim utama ketika kembali ke El Real. Itulah mengapa Odegaard bersedia dipermanenkan Arsenal. Bersama dengan sederet pemain muda berkelas, mereka bagian dari proyek jangka panjang Meriam London.

              

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA