Sabtu 18 Dec 2021 16:56 WIB

Janji Setia Tiara Andini di Album Perdana: Aku Paksa Orang Ikut Galau

Tiara menyebut ada tiga lagu baru yang bisa membuat pendengarnya menggalau.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Karta Raharja Ucu
Penyanyi Tiara Andini merilis album debut Tiara Andini berisi total delapan lagu.
Foto: Dok Universal Music
Penyanyi Tiara Andini merilis album debut Tiara Andini berisi total delapan lagu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi solo Tiara Andini meluncurkan tiga lagu baru yang termuat di album debut penyanyi Tiara Andini, yakni "Menjadi Dia", "Merasa Indah", dan "Janji Setia". Penyanyi berusia 20 tahun itu mengatakan, ketiga lagu cukup berbeda dari lima tembang lain dalam album yang sebelumnya telah dirilis.

"Tiga lagu slow, menggalau, sementara biasanya aku agak berwarna-warni dan upbeat. Aku paksa orang-orang untuk ikut galau," ucap Tiara pada konferensi pers virtual, Jumat (17/12).

Peraih penghargaan Best New Asian Artist dari Indonesia di Mnet Asian Music Awards itu menyampaikan perbedaan lain dari tiga lagunya. Jika sebelumnya Tiara hanya menyanyikan lagu yang sudah ada, pada tiga tembang ini dia ikut berpartisipasi dalam produksinya.

Tiara ikut serta menulis lagu "Janji Setia" bersama Asta RAN dan Handy Soulvibe. Saat penggarapan lagu, Tiara mengaku hanya menuangkan perasaan dan apa yang terlintas di benaknya. Lagu bercerita tentang kerinduan terhadap seseorang.

"Maknanya ketika dikasih cobaan jarak, tempat, waktu, tapi tetap punya janji setia di diri masing-masing. Hubungan tetap ada, doa tetap sampai walau jarak memisahkan," ungkap Tiara yang berperan dalam film My Sassy Girl versi Indonesia bersama Jefri Nichol.

Dari semua lagu yang termuat dalam album, tembang "Merasa Indah" dianggapnya punya tingkat kesulitan yang sangat menantang. Membawakannya butuh kombinasi banyak teknik yang sukar, tetapi pada saat bersamaan lagu juga terkesan ringan dan easy listening.

Sementara, lagu "Menjadi Dia" yang bertema romansa merupakan ciptaan Arsy Widianto. Tiara bercerita, awal mula dibuatnya tembang pop ballad itu justru berlangsung saat Tiara dan Arsy terlibat proyek musik lain. Kala itu, Arsy iseng-iseng bermain piano.

Lantunannya dianggap sangat cocok dengan karakter suara Tiara sehingga masuk ke dalam album. Lagu bercerita tentang perasaan seseorang yang pudar dan pupus karena pasangannya sering membanding-bandingkan dia dengan orang lain.

"Dibanding-bandingin itu enggak enak. Bukan cuma pasangan, dibandingin sama saudara atau anak tetangga juga enggak enak. Inilah aku, hanya aku yang sederhana. Enggak bisa jadi dia," kata Tiara mengenai makna tembang "Menjadi Dia".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement