Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Garda Pemuda Nasdem Bagikan Ribuan Kantong Darah & Plasma Konvalesen

Sabtu 18 Dec 2021 14:40 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Donor darah (ilustrasi).

Donor darah (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Donor darah itu untuk membantu PMI dan masyarakat Indonesia khususnya yang memerlukan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober lalu, sebanyak 6.639 orang menjadi pendonor darah dan donor plasma konvalesen. Delapan puluh empat persen di antaranya berhasil tersalurkan sebanyak 5.559 kantong darah. Dari 5.559 total donor tersebut, pendonor darah biasa sejumlah 5.283 serta pendonor plasma konvalesen sejumlah 276.

Pengumpulan donor tersebut adalah bagian dari Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah & Plasma Jilid II (PSP BERDERMA II), kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen yang diadakan Garda Pemuda NasDem (GP NasDem). Kegiatan PSP BERDERMA ini sendiri bertujuan untuk membantu PMI dan masyarakat Indonesia khususnya yang memerlukan donor darah dan plasma, yang mana sejak pandemi Covid 19 melanda terjadi penurunan jumlah pendonor darah yang signifikan, sedangkan kebutuhan akan donor darah tetap tinggi.

Secara total keseluruhan dengan hasil yang diberikan PSP BERDERMA I, GP NasDem telah berkontribusi mengumpulkan 7.734 kantong darah biasa dan 513 kantong plasma konvalesen. Dalam implementasinya, DPP GP NasDem mengarahkan seluruh Dewan Perwakilan Wilayah (DPW)-nya di seluruh penjuru Indonesia untuk menggelar PSP BERDERMA II serentak se-Indonesia.

PSP BERDERMA II ini merupakan kelanjutan kegiatan kemanusiaan PSP BERDERMA I yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 kemarin. Guna memberikan apresiasi lebih kepada para DPW-nya, diselenggarakan PSP BERDERMA AWARD II untuk menyoroti kinerja-kinerja terbaik dari para kader GP NasDem di seluruh penjuru Indonesia.

“Di tengah absensi peran kepemudaan, GP NasDem hadir melalui PSP BERDERMA sebagai bentuk misi kemanusiaan, untuk kemanusiaan, dan demi kemanusiaan,” ujar Ketua Umum GP NasDem, Prananda Surya Paloh, saat membuka kegiatan PSP BERDERMA AWARD II.

Menurut pria yang juga Anggota Komisi I DPR RI ini, dari catatan PMI, GP NasDem menjadi satu-satunya organisasi kepemudaan yang sukses mendonorkan plasma konvalesen. “Maka dari itu, penghargaan ini kami berikan untuk menstimulasi DPW-DPW agar lebih giat lagi bergerak membantu masyarakat Indonesia,” jelasnya.

PSP BERDERMA Award II membagi tujuh kategori penghargaan dengan hasil pemenang sebagai berikut:

1.Kategori Pendonor Darah Terbanyak

Juara I : DPW GP NasDem Sumatera Utara

Juara II : DPW GP NasDem Kalimantan Timur

Juara III : DPW GP NasDem Jawa Barat

2. Kategori Pendonor Plasma Konvalesen Terbanyak

Juara I : DPW GP NasDem Jawa Tengah

Juara II : DPW GP NasDem Jawa Timur

Juara III : DPW GP NasDem Nusa Tenggara Timur

3. Kategori Koordinasi DPW Terbaik

Juara I : DPW GP NasDem Sumatera Utara

Juara II : DPW GP NasDem Kalimantan Timur

Juara III : DPW GP NasDem Sulawesi Tengah

4. Kategori DPD Terbaik

Juara I : DPD GP NasDem Kab. Paser

Juara II : DPD GP NasDem Kab. Bandung Barat

Juara III : DPD GP NasDem Kota Batam

5. Kategori Dokumentasi Terbaik

Juara I : DPW GP NasDem Papua Barat

Juara II : DPW GP NasDem Sumatera Selatan

Juara III : DPW GP NasDem Lampung

6. Kategori Pemberitaan Terbaik

Juara I : DPW GP NasDem Bali

Juara II : DPW GP NasDem Sulawesi Tenggara

Juara III : DPW GP NasDem Aceh

7. Kategori DPW Terfavorit

Juara I : DPW GP NasDem Maluku Utara

Juara II : DPW GP NasDem Sulawesi Tengah

Juara III : DPW GP NasDem Maluku

PSP BERDERMA II ini diselenggarakan di 30 Provinsi di Indonesia, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi,  Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA