Jumat 17 Dec 2021 20:44 WIB

Selama Nataru tak Ada Tambahan Kapasitas Penerbangan

Kemenhub mengimbau penyelenggara angkutan udara tetap meningkatkan pemeriksaan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Pesawat (ilustrasi). Kementerian Perhubungan memastikan tak ada penambahan penerbangan saat Nataru.
Foto: EPA-EFE/SEM VAN DER WAL
Pesawat (ilustrasi). Kementerian Perhubungan memastikan tak ada penambahan penerbangan saat Nataru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubung (Kemenhub) memastikan pada saat masa libur Natal dan Tahun Baru 2021/2022 tidak ada penambahan kapasitas penerbangan.

Saat ini Kemenhub sudah menerbitkan Surat Edaran Nomor 111 Tahun 2021 tentang Pengaturan Mobilitas Masyarakat dengan Transportasi Udara selama Periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Baca Juga

“Selama periode Nataru, tidak ada pengajuan penambahan kapasitas penerbangan atau extra flight,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam pernyataan tertulisnya, Senin (17/12).

Meskipun begitu, Novie mengimbau penyelenggara angkutan udara tetap meningkatkan pemeriksaan. Selain itu juga memastikan kelaikan pesawat udara dan personel pesawat udara yang bertugas.

Dia menegaskan, proses refund tiket dan penanganan keterlambatan penerbangan juga harus dilaksanakan sesuai aturan. "Ini harus sesuai dengan ketentuan delay management dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Novie.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memastikan kesiapan untuk menghadapi trafik penumpang dan penerbangan pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)2021/2022. Vice President Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengatakan akan menyiagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru Nataru 2021/2022.

"Posko ini melibatkan seluruh stakeholders seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), maskapai, TNI Polri, dan Satgas Penanganan Covid-19 di daerah,” kata Handy kepada Republika, Ahad (12/12).

Dia menegaskan AP I bersama seluruh stakeholders terkait di bandara berkomitmen untuk memastikan penerbangan pada masa Nataru tahun ini berjalan lancar. Khususnya sesuai dengan ketentuan persyaratan perjalanan yang berlaku dari Satgas Penanganan Covid-19.

"Kami juga akan memastikan implementasi protokol kesehatan dijalankan dengan ketat untuk menjamin keamanan, kenyamanan dan kesehatan bagi penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara," jelas Handy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement