Jumat 17 Dec 2021 17:22 WIB

PT HK Tanam 60 Ribu Pohon di Tepi Tol

Penanaman pohon di tepi tol ini menjadi tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Fuji Pratiwi
Hutama Karya. PT Hutama Karya (HK) menanam 60 ribu batang pohon beragam jenis di tepi jalan tol Sumatra dan Jawa.
Foto: Hutama Karya
Hutama Karya. PT Hutama Karya (HK) menanam 60 ribu batang pohon beragam jenis di tepi jalan tol Sumatra dan Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Untuk mengimbangi pembangunan infrastruktur dan pelestarian lingkungan, PT Hutama Karya (HK) menanam 60 ribu batang pohon beragam jenis di tepi jalan tol Sumatra dan Jawa. Puluhan ribu pohon tersebut sudah tertanam di sepanjang jalan tol yang dikelola HK.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT HK Dwi Aryono mengatakan, penghijauan yang dilakukan di ruas jalan tol menjadi tanggung jawab sosial dan lingkungan dari perusahaan yang harus terus dilestarikan. "Selama 2021, lebih dari 60 ribu pohon telah tertanam di seluruh ruas tol yang dikelola," kata Dwi Aryono dalam keterangan persnya, Jumat (17/12).

Baca Juga

Penanaman pohon dilakukan pada Hari Bumi, Hari Keanekaragaman Hayati, Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Penanggulangan Degradasi dan Kekeringan Sedunia, Hari Populasi Dunia, Hari Konservasi Alam Nasional, Hari Perumahan Indonesia, Hari Ozon Sedunia, Hari Habitat Sedunia, Hari Pohon, dan Hari Gunung Sedunia. Ia mengatakan, jenis pohon yang ditanam yakni Trambesi, Mangga, Akasia, Rambutan, Cabai, Jeruk Kasturi, Nangka, Pinang, Tabebuya, Pucuk Merah, Tanaman Bougenvil dan Ketapang.

Pohon-pohon tersebut ditanam di seluruh ruas tol HK yang telah beroperasi. Paling banyak pohon yang ditanam di jalan tol Ruas Pekanbaru – Dumai (Riau) sejumlah 34.310 pohon, disusul jalan tol Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang (Lampung) – Kayuagung (Sumatra Selatan) sebanyak 12.450 pohon. Selanjutnya bibit pohon juga ditanam di jalan tol Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (Lampung) sebanyak 4.795 pohon.

Kemudian, ditanam juga di Ruas Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) sebanyak 1500 pohon. di Ruas Sigli Banda – Aceh sebanyak 1.100 pohon. Di jalan tol Ruas Medan – Binjai dan Ruas Palembang – Indralaya masing-masing 850 pohon, dan di Ruas Akses Tanjung Priok (ATP) sebanyak 660 pohon.

Dwi mengatakan, selain pohon-pohon yang tertanam tersebut, HK berkolaborasi dengan Djarum Foundation untuk menanam jutaan pohon di  sepanjang 2.818 KM ruas yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). "Kami baru saja melaksanakan seremonial penanaman pohon dengan Djarum Foundation pada Rabu (8/12) di Rest Area KM 87 Jalur B, dimulai dengan menanam pohon trambesi sebanyak 15.000 pohon di tahun ini dan tahun depan," ujarnya.

Mengenai pemeliharaan, PT HK terus melakukan perawatan dan perbaikan di jalan tol yang dikelola. "Kami menambahkan penunjang operasional tol seperti rumble strip dan rumble dot, warning lamp, CCTV yang berada setiap satu kilometer dengan kamera dua arah, sehingga dapat memantau seluruh aktivitas yang berada di jalan tol," kata dia.

Ia mengatakan, pemiliharaan dilakukan secara berkala demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol, sehingga apabila terjadi kondisi fisik jalan tol yang kurang baik seperti jalan yang berlubang atau bahkan longsor, akan secepatnya ditangani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement