Jumat 17 Dec 2021 16:17 WIB

Ketum PSSI Optimistis Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2020

Indonesia akan bertemu dengan Malaysia di Stadion Nasional pada Ahad (19/12).

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Iriawan optimistis timnas Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2020.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Iriawan optimistis timnas Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tim nasional (timnas) Indonesia berada di puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) Mochamad Iriawan optimistis Indonesia bisa lolos ke babak semifinal.

Indonesia meraih tujuh poin dari tiga laga di babak penyisihan. Indonesia unggul produktivitas gol dari Vietnam yang sama-sama meraih poin tujuh sehingga berhak memuncaki klasemen Grup B.

Baca Juga

"Tadi malam saya menonton sama Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali), lalu tadi pagi saya diskusi dengan pelatih terkait strategi Vietnam," kata Iwan, sapaan Mochamad Iriawan, Kamis (16/12).

Laga terakhir Indonesia akan bertemu dengan Malaysia di Stadion Nasional pada Ahad (19/12). Laga tersebut pun menjadi penentuan bagi skuad Garuda untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

"Saya optimistis bisa memenangkan laga melawan Malaysia. Karena kami bisa menahan imbang Vietnam meski tanpa dua andalan," kata Iwan.

Dua pemain tersebut adalah Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott. Egy masih belum tiba ke Singapura sehingga belum bisa bermain melawan Malaysia.

Sementara, Elkan terpaksa menjalani karatina setelah satu pesawat dengan orang yang terjangkit Covid-19. Padahal, Elkan sempat bermain kontra Laos sebelum akhirnya pindah ke hotel karantina. Beruntung, Indonesia bisa menahan Vietnam dengan hasil imbang tanpa gol.

"Jadi pelatih timnas (Shin Tae-yong) memutuskan untuk bertahan melawan Vietnam, 5-4-1. Dalam 90 menit itu Vietnam cukup frustrasi. Tadi ada counter attack juga yang mampu membahayakan lawan," jelas Iwan. "Ini adalah salah satu permainan terbaik dari anak-anak, mereka semangat."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement