Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil, Amankah Bagi Janin?

Sabtu 18 Dec 2021 07:30 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Sejumlah ibu hamil antre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (8/9/2021). Vaksinasi Covid-19 penting untuk ibu hamil dan janinnya.

Sejumlah ibu hamil antre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (8/9/2021). Vaksinasi Covid-19 penting untuk ibu hamil dan janinnya.

Foto: ANTARA/BAYU PRATAMA S
Ibu hamil merupakan kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalani kehamilan di masa pandemi Covid-19 tentu memunculkan dilema tersendiri bagi para ibu hamil, termasuk terkait vaksinasi. Di satu sisi, mereka ingin melindungi diri dan janin dari ancaman Covid-19, namun juga ada kekhawawatiran untuk menjalani vaksinasi saat hamil.

Hal ini pula yang diungkapkan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan Bamed dr Nurida Memorisa Siagian. Menurut dr Nurida, ada cukup banyak ibu hamil yang takut untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Mereka umumnya khawatir mengenai efek samping yang mungkin mengenai janin mereka.

Baca Juga

"Tidak perlu takut, tidak perlu khawatir, karena aman," ungkap dr Nurida, dalam virtual media gathering dan peresmian Klinik Bamed Bintaro, dikutip Sabtu (18/12).

Berlawanan dengan kekhawatiran para ibu hamil, riwayat vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil justru dapat memberikan manfaat bagi janin. Studi telah membuktikan bahwa ada pembentukan antibodi di janin pada ibu hamil yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat memberikan perlindungan bagi ibu hamil dan janin di masa pandemi. Seperti diketahui, ibu hamil merupakan kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19. Bila terkena Covid-19, ada risiko kematian pada ibu hamil dan janin yang perlu diwaspadai.

"Jadi sejak agustus 2021 kemarin, dari Kemenkes juga sudah mencanangkan vaksinasi Covid-19 itu pada ibu hamil," ungkap dr Nurida.

Pemberian vaksin Covid-19 pada ibu hamil disarankan setelah trimester pertama atau pada usia kehamilan 13 pekan sampai aterm. Sebelum vaksinasi dilakukan, ibu hamil tentu akan melalui proses skrining terlebih dahulu untuk dinilai kondisi kesehatannya.

"Apakah tensinya masih tinggi ataukah ada permasalahan yang harus diperhatikan," kata dr Nurida.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA