Jumat 17 Dec 2021 09:58 WIB

Penjualan Final Fantasy XIV Ditangguhkan Sementara

Square Enix belum mampu memenuhi permintaan FFXIV yang sangat membludak

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Dwi Murdaningsih
Final Fantasy XIV Endwalker
Foto: square enix
Final Fantasy XIV Endwalker

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Square Enix menangguhkan penjualan dan pengiriman Final Fantasy XIV (FFXIV) Starter Edition dan Complete Edition. Sebab, permintaan membludak  dan perusahaan tidak dapat memenuhinya. Keputusan tersebut berlaku untuk versi fisik dan digital, serta akan diberlakukan dalam beberapa pekan mendatang. 

Dilansir dari Engadget, Kamis (16/12), ini adalah proses bertahap yang akan memakan waktu dan akan memerlukan koordinasi dengan mitra ritel-saat ini. Kedua versi masih tersedia di toko gim digital, tetapi perusahaan mengatakan akan berkoordinasi dengan mitra tersebut secepat mungkin. 

Baca Juga

Pemain FFXIV telah mengantre panjang sejak ekspansi Endwalker keluar pada akhir November. Mereka masih harus menunggu berjam-jam untuk masuk ke server dan bisa memainkan gim tersebut. 

Dalam pengumumannya, Square Enix menjelaskan bahwa mereka harus menangguhkan penjualan FFXIV karena konsentrasi jam bermain yang padat, jauh melebihi kapasitas server, terutama pada jam sibuk. Pengembang sebelumnya mengatakan bahwa mereka tidak dapat menambahkan lebih banyak Worlds atau server sebelum rilis Endwalker untuk memastikan bahwa itu dapat mengakomodasi semua pemain karena kekurangan semikonduktor global. 

Sutradara dan produser FFXIV Naoki Yoshida mengeluarkan permintaan pada awal Desember atas masalah yang sedang berlangsung dan memberikan waktu permainan gratis selama tujuh hari kepada semua pemain yang memiliki versi lengkap permainan dan memiliki langganan aktif. Dalam postingan terbarunya, dia mengatakan Square Enix kini memberikan tambahan 14 hari kepada para pemain tersebut. 

Selain menghentikan penjualan FFXIV, perusahaan akan memprioritaskan login orang yang berlangganan aktif ke depannya. Perusahaan tidak akan lagi menerima langganan uji coba gratis. Pemain uji coba gratis saat ini tidak akan dapat masuk lagi di luar larut malam dan dini hari.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement