Jumat 17 Dec 2021 04:56 WIB

Liga Primer Inggris: Gasak Newcastle 3-1, Liverpool Tempel Manchester City

Dua gol jarak jauh mewarnai pertandingan.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Striker Liverpool Diogo Jota merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Newcastle United pada laga lanjutan Liga Primer Inggris 2021/2022, Jumat (17/12).
Foto: EPA-EFE/Lynne 
Striker Liverpool Diogo Jota merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Newcastle United pada laga lanjutan Liga Primer Inggris 2021/2022, Jumat (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1 saat menjamu Newcastle di pekan ke-17 Liga Primer Inggris, Jumat (17/12) dini hari WIB. Ini membuat mereka terus memperketat persaingan puncak klasemen sementara.  

Formasi 4-3-3 kembali menjadi andalan Jurgen Klopp untuk mengggempur lawan. Sementara Newcastle, cenderung berusaha tampil aman dengan pola 4-5-1. 

Baca Juga

Sejak menit pertama, Liverpool pun langsung menunjukkan tempo cepat melalui peran Diogo Jota, Sadio Mane, dan Mohamed Salah yang berdiri sebagai trio lini depan. 

Akan tetapi, terlalu fokus menyerang membuat Liverpool kewalahan dalam bertahan. Alhasil, hilang konsentrasi membuat Newcastle berhasil memanfaatkan kesempatan lewat skeman serangan balik. 

Pemain veteran Newcastle, Jonjo Shelvey berhasil menjebol gawang mantan timnya ketika pertandingan baru berjalan tujuh menit. Sepakan jarak jauhnya tidak mampu diatasi Alisson Becker yang hanya tertegun melihat bola melayang ke dalam gawangnya. 

Tuan rumah Liverpool tak ingin mengulangi kesalahan. Mereka terus-menerus menyusun serangan dari sisi kiri dan kanan dengan lebih padu sehingga mampu merebut bola ketika kehilangannya. 

Percobaan itu pun akhirnya berhasil melalui kaki Diogo Jota. Sepakan kaki kiri di depan mulut gawang berhasil membuat kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-21. 

Selang dua menit kemudian, giliran Mo Salah yang membalikkan keadaan. Ia menyelesaikan bola rebound yang awalnya dilesakkan Sadio Mane. Skor pun menjadi 2-1 untuk The Reds. 

Tak banyak perubahan yang ditunjukkan Liverpool di paruh kedua. Mereka terus mengincar kemenangan dengan skor meyakinkan. Serangan demi serangan dilancarkan tuan rumah. 

Meski begitu, usaha Liverpool beberapa kali menemui kesulitan karena rapatnya pertahanan Newcastle. Selama 30 menit berusaha, tidak ada hasil signifikan yang ditunjukkan armada The Reds. 

Baru di menit ke-87, Trent Alexander-Arnold menambah pundi-pundi gol. Tendangan keras dari luar kotak penalti tidak mampu dijinakkan oleh kiper Newcaslte. Gol ini pun sekaligus menjadi penutup kemenangan Liverpool. 

Tiga poin yang dipetik Mo Salah dan kawan-kawan membawa Liverpool terus menempel ketat Manchester City. Kedua tim kini hanya berselisih satu poin di klasemen sementara. 

Baca  juga : Liga Primer Inggris: Chelsea Ditahan Imbang Everton 1-1

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement