Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Saungwriter

Mengenal Skincare Wajah Beserta Urutan Pemakaiannya

Gaya Hidup | Friday, 17 Dec 2021, 01:31 WIB

Wajah merupakan aset tubuh yang sangat menentukan daya tarik dari penampilan seseorang. Guna merawat dan menjaganya banyak orang menggunakan produk kecantikan layaknya skincare wajah.

sumber : pixabay

Apa itu skincare?, skincare merupakan kumpulan berbagai produk perawatan kulit yang digunakan secara rutin untuk menghasilkan kulit yang cerah, putih, mulus dan bersih.

Produk ini dapat berupa nutrisi kulit dan beberapa bahan kimia yang aman untuk kesehatan kulit.

Namun dalam memilih skincare Anda harus menyesuaikannya terlebih dahulu terhadap jenis kulit Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena pemilihan skincare yang salah justru akan memperburuk permasalahan kulit yang Anda miliki.

Berbagai Jenis Skincare

Nah untuk memudahkan Anda dalam memilih skincare yang tepat, silahkan Anda simak berbagai jenis skincare beserta urutan penggunaan skincare yang benar.

Namun sebelum melakukan rangkaian perawatan wajah, pastikan wajah Anda telah bersih dari semua make up atau riasan wajah yang masih menempel.

1. Facial Cleanser

Facial cleanser merupakan jenis skincare pertama yang harus Anda gunakan, produk ini sendiri berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran yang menempel di wajah.

Skincare ini sendiri umumnya memiliki tekstur berbentuk krim cair yang akan menghasilkan busa.

Selain untuk membersihkan wajah, facial cleanser juga berfungsi untuk melembabkan kulit di area wajah.

Cara penggunaan skincare jenis ini yaitu dengan mengusapkannya ke wajah yang telah dibasuh dengan air, lalu diusap lembut hingga muncul busa dan membasuhnya dengan air bersih.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah menggunakan facial cleanser, langkah selanjutnya yaitu menggunakan toner.

Pada rangkaian perawatan wajah, toner sendiri berfungsi untuk menyegarkan dan mengurangi kandungan minyak pada wajah.

Cara penggunaannya yaitu dengan meneteskannya ke telapak tangan dan mengusapkannya ke semua bagian wajah sembari menekannya dengan lembut.

Toner sendiri bisa digunakan di pagi hari dan malam hari untuk mencerahkan dan memberi nutrisi pada kulit.

3. Essence

Setelah toner pada wajah sudah kering sepenuhnya, selanjutnya silahkan Anda oleskan essence guna menenangkan kulit wajah Anda.

Essence sendir memiliki tekstur yang lebih kental dan padat dibandingkan toner.

4. Serum

Banyak yang keliru mengenai serum dan essence, keduanya memang mirip namun sedikit berbeda.

Perbedaannya yaitu terletak pada kandungan konsentrasi pada kedua jenis skincare ini, yaitu serum memiliki konsentrasi yang lebih kuat dibanding essence.

Serum sendiri merupakan sejenis larutan gel yang mengandung sejumlah zat aktif seperti vitamin yang dapat menutrisi kulit.

Kegunaan dari serum ini cukup banyak, seperti menghilangkan kerutan di wajah dan meremajakan kulit.

Teksturnya yang mudah diserap kulit membuatnya cocok dipakai di saat rutinitas perawatan kulit di pagi dan malam hari.

5. Moisturizer

Moisturizer pada rangkaian perawatan kulit berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dari hasil penggunaan toner, essence dan serum.

Efek dari penggunaan moisturizer ini yaitu akan membuat kulit menjadi lebih glowing dan mempertahankan riasan wajah agar bertahan lama.

6. Sunscreen

Khusus untuk sunscreen, skincare jenis ini digunakan untuk rangkaian penggunaan skincare di pagi hari.

Ya sesuai namanya sunscreen berfungsi untuk menjaga kulit dari serangan sinar matahari ketika sedang beraktifitas di luar ruangan.

Bukan hanya untuk kecantikan kulit, sunscreen sendiri sangat dianjurkan digunakan guna menjaga kesehatan kulit tubuh dari sinar UV yang cukup berbahaya.

7. Sheet Mask

Penggunaan sheet mask sendiri bersifat opsional karena sifatnya yang memberi nutrisi ekstra pada kulit. Sheet mask juga mengandung essence dan zat aktif untuk memberi efek segar sepanjang hari.

Pada urutan penggunaan skincare, sheet mask bisa Anda gunakan hanya 2 kali dalam 1 minggu.

Bagaimana apakah Anda sudah paham mengenai skincare wajah beserta urutan pemakaiannya?, pastikan Anda memahami penjelasan di atas dengan cermat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image