Jumat 17 Dec 2021 02:05 WIB

Rangkaian Indonesian Basketball League 2022 akan Dimulai dari Jakarta

Total 254 pemain termasuk 30 pemain asing akan terlibat dalam kompetisi nanti.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo empat klub baru IBL untuk kompetisi IBL 2022.
Foto: DOK IBL
Logo empat klub baru IBL untuk kompetisi IBL 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi basket tertinggi di Tanah Air, IBL 2022 akan mulai bergulir. Rencananya, Jakarta akan menjadi kota pembuka. Tepatnya 15 Januari 2022 di Gedung Bolabasket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

"Kompetisi IBL 2022 adalah sejarah. Jumlah tim peserta, 16 klub, adalah yang terbesar sepanjang sejarah kompetisi bolabasket profesional di Indonesia," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, Kamis (16/12).

Baca Juga

Musim lalu jumlah peserta ada 12 klub yang tersebar di sembilan kota, tahun ini semakin meningkat dengan 16 klub yang tersebar di 13 kota di seluruh Indonesia.

Kompetisi juga semakin menarik dengan kembali hadirnya pemain asing setelah musim lalu sepenuhnya dengan pemain lokal. Setiap tim memiliki dua pemain asing. 

Total 254 pemain termasuk 30 pemain asing akan terlibat dalam kompetisi nanti, termasuk pemain-pemain senior yang melakukan come back seperti Xaverius Prawiro dan Mario Gerungan. Angka ini meningkat dibandingkan musim lalu yang diikuti 179 pemain.

"Saya tertarik dan tertantang untuk kembali bersaing di IBL," kata Mario yang akan membela Tangerang Hawks. Hal senada diungkap Xaverius yang akan bertanding dengan jersey Dewa United.

Pergerakan dan perburuan transfer pemain pun semakin panas dan menarik. Setiap klub berusaha mendapatkan pemain terbaik untuk menambah kekuatan mereka.

Pada babak reguler, Kompetisi IBL 2022 akan memainkan 176 pertandingan sementara musim sebelumnya berlangsung 96 game di babak reguler. Pada babak play-off hingga final maksimal akan terjadi 21 laga. Musim lalu jumlah pertandingan di babak play-off hingga final maksimal hanya 15 pertandingan. 

Berjalan di enam kota, IBL tetap menjalankan protokol kesehatan ketat sepanjang kompetisi nanti.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement