Jumat 17 Dec 2021 00:46 WIB

KJN Yakin Bisnis Pengiriman dan Logistik Tetap Menjanjikan

Pendapatan perseroan masih didominasi dari segment B2B.

Ilustrasi pengiriman paket.
Foto: AP Photo/Nati Harnik
Ilustrasi pengiriman paket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisnis pengiriman dan logistik diyakini masih akan terus menunjukkan angin segar. Direktur Utama Krida Jaringan Nusantara (KJN) Sunarto memberikan gambaran mengenai keyakinan tersebut. Ia menjelaskan, pendapatan perseroan masih didominasi dari segment B2B dari berbagai bidang usaha seperti Perbankan, Asuransi, Telekomunikasi, F&B, Healthcare , Fashion dan Sparepart. Kegiatan ini merupakan rangkaian proses first mile, middle mile, dan last mile. Memasuki Kuartal III tahun 2021, kinerja Perusahaan menunjukkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 58,42% atau sebesar Rp 2,66 Miliar, dari Kuartal II sebesar Rp 4,55 Miliar menjadi Rp 7,21 Miliar pada Kuartal III.

"Di sisi lain pada Kuartal III tahun 2021 Perusahaan mengalami kenaikan rugi usaha. Di mana pada Kuartal III rugi usaha naik sebanyak 111,53% atau sebesar Rp 1,29 Miliar, dari rugi usaha Kuartal II sebesar Rp 1,16 Miliar menjadi Rp 2,44 Miliar pada rugi usaha Kuartal III," kata dia dalam kegiatan Public Expose Tahun 2021, di Jakarta, Kamis (16/12).

Baca Juga

photo
Direktur Utama KJN Sunarto didampingi Direktur Keuangan & Corporate Secretary KJN, Farida Sulistyorini, dalam Public Expose Tahun 2021, di Jakarta, Kamis (16/12). - (Dok. KJN)

Namun, menurut dia apabila dibandingkan dengan Kuartal III tahun 2020, perusahaan telah berhasil menekan kerugian sebanyak 9,81% yaitu dari rugi usaha Kuartal III 2020 sebesar Rp 2,71 Miliar menjadi Rp 2,44 Miliar pada rugi usaha Kuartal III tahun 2021.

“Berdasarkan perkembangan situasi saat ini, Perusahaan berkeyakinan dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 47,21% pada Kuartal IV tahun 2021,” ujarnya.

Menurut dia, walaupun dari sisi kinerja keuangan kurang memuaskan, Perseroan tetap optimistis bahwa bisnis pengiriman dan logistik tetap menjanjikan di masa yang akan datang. Hal ini tercermin dari keseriusan pemerintah yang terus mengedepankan infrastruktur pembangunan seperti jalan tol, pelabuhan dan interkoneksi bandara. Hal serupa juga diungkap dari berbagai analisa yang dilakukan oleh Lembaga riset terkait dengan prospek bisnis jasa pegiriman dan logistik.

"Untuk mengahadapi tantangan dan persaingan serta untuk meningkatkan penjualan yang disertai dengan profit positif, kami menyiapkan langkah strategis yang akan dilakukan oleh Perseroan. Pertama, diversikasi produk pengiriman di sektor paket dan logistik (same day dan kargo service). Kedua, pengembangan Jasa Trucking baik dasi segi first mile maupun middle mile," kata dia.

Ia melanjutkan, ketiga, pengembangan jasa warehousing, keempat, pengembangan jaringan distribusi based-on target segmented, dan kelima penetrasi segment retail based-on social media dan e-commerce.

"Direksi berharap dengan semangat dan dukungan karyawan serta kepercayaan pemegang saham, kinerja Perseroan dapat jauh lebih baik di masa yang akan datang," kata dia yang diampingi oleh Direktur Keuangan & Corporate Secretary KJN, Farida Sulistyorini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement