Jumat 17 Dec 2021 00:50 WIB

Omicron Masuk Indonesia, Ketahui 3 Hasil Studi Pakar Terhadap Omicron

Para pakar telah meneliti varian Omicron dan menemukan beberapa fakta baru

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Para pakar telah meneliti varian Omicron dan menemukan beberapa fakta baru.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Para pakar telah meneliti varian Omicron dan menemukan beberapa fakta baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengumumkan kasus pertama Omicron di Indonesia. Berbicara soal Omicron, berikut beberapa penelitian dan data terbaru terkait keparahan penyakit dan karakteristik dari varian yang telah masuk pada kategori variant of concern WHO.

1. Omicron mungkin tidak terlalu memicu keparahan

Baca Juga

Sebuah studi terbaru menemukan varian Omicron mampu berkembang biak 70 kali lebih cepat di saluran udara (bronkus), yang bisa memfasilitasi penyebaran dari orang ke orang, daripada Delta. Namun Omicron bereplikasi 10 kali lebih lambat di jaringan paru-paru, dibandingkan virus corona asli, yang mungkin berkontribusi pada penyakit yang tidak terlalu parah.

Laporan resmi dari temuan ini sedang dalam tinjauan sejawat untuk publikasi dan belum dirilis oleh tim peneliti. Para peneliti yang dipimpin oleh Dr Michael Chan Chi-wai dari Hong Kong University mempelajari seberapa cepat virus menyebar di bronkus dan jaringan paru-paru.

Meski studi ini menunjukan Omicron hanya memicu gejala ringan dan tidak banyak memicu keparahan, Chi-wai meminta publik untuk tetap waspada. Sebab menurut dia, tingkat keparahan penyakit pada manusia tidak hanya ditentukan oleh replikasi virus, tetapi juga oleh respons imun setiap orang terhadap virus.

"Dengan menginfeksi lebih banyak orang, virus yang sangat menular dapat menyebabkan penyakit dan kematian yang lebih parah meskipun virus itu sendiri mungkin kurang patogen. Oleh karena itu, hasil penelitian itu digabungkan penelitian terbaru kami yang menunjukkan bahwa varian Omicron sebagian dapat lolos dari kekebalan vaksin dan infeksi masa lalu. Ancaman keseluruhan dari varian Omicron kemungkinan akan sangat signifikan,” kata Dr Chi-wai seperti dilansir dari Channel News Asia, Kamis (16/12).

2. Omicron grip cell lebih erat melawan antibodi

Menurut para peneliti, model struktural tentang bagaimana varian Omicron menempel pada sel dan antibodi menjelaskan perilakunya dan akan membantu dalam merancang antibodi penetralisir. Dengan menggunakan model komputer dari protein lonjakan pada permukaan Omicron, mereka menganalisis interaksi molekuler yang terjadi ketika lonjakan itu mencapai protein permukaan sel yang disebut ACE2, pintu gerbang virus ke dalam sel.

“Secara metaforis, virus corona asli hanya berjabat tangan dengan ACE2, tetapi Omicron lebih mirip pasangan yang berpegangan tangan dengan jari-jemari mereka terjalin sepenuhnya. Anatomi molekuler dari pegangan ini dapat membantu menjelaskan bagaimana mutasi Omicorn bekerja sama untuk membantu menginfeksi sel,” kata Joseph Lubin dari Rutgers University di New Jersey.

Tim peneliti juga memodelkan lonjakan dengan berbagai kelas antibodi yang mencoba menyerangnya. Antibodi menyerang dari sudut yang berbeda, ibarat pertahanan tim sepak bola yang mungkin menjegal striker lawan. Menurut Lubin, beberapa antibodi tampaknya akan terguncang, sementara yang lain cenderung tetap efektif.

“Vaksin booster menaikkan tingkat antibodi, menghasilkan lebih banyak pelindung, yang mungkin mengompensasi sampai batas tertentu untuk cengkeraman antibodi individu yang lebih lemah," kata Lubin.

sumber : Channel News Asia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement