Kamis 16 Dec 2021 22:58 WIB

Cegah Penyebaran Omicron dengan Perkuat Prokes

Pemerintah dinilai perlu terus menggencarkan kampanye terkait penguatan prokes.

Cegah penyebaran varian omicron dengan memperketat prokes (ilustrasi).
Foto: Republika
Cegah penyebaran varian omicron dengan memperketat prokes (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dr Yudhi Wibowo, mengingatkan perlunya memperkuat protokol kesehatan. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 omicron.

"Guna menyikapi terdapatnya temuan kasus varian baru Covid-19 omicron di Tanah Air maka masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dan patuh terhadap protokol kesehatan," katanya di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (16/12).

Baca Juga

Pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut mengatakan kendati perlu meningkatkan kewaspadaan namun masyarakat tidak perlu panik yang berlebihan. "Perlu waspada namun jangan panik, melainkan tetap disiplin menggunakan masker, tetap menjaga jarak, tetap menjauhi kerumunan, cuci tangan dan menjaga pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Dia menyebut, pemerintah perlu terus menggencarkan kampanye terkait penguatan protokol kesehatan kepada masyarakat. "Upaya cegah tangkal dan pengawasan di pintu masuk juga harus terus diperketat," katanya.

 

Selain itu, dia juga kembali mengingatkan perlunya mengantisipasi kerumunan masyarakat pada saat libur Natal dan Tahun Baru. Terkait hal tersebut, kata dia, tentunya masyarakat juga harus berperan aktif dalam mendukung upaya pengendalian Covid-19. "Masyarakat perlu berperan aktif dengan tetap memperkuat protokol kesehatan dan jika bisa membatasi mobilitas serta tidak berkerumun. Dengan pengendalian mobilitas masyarakat diharapkan upaya pengendalian Covid-19 akan berjalan optimal," jelasnya.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan pawai atau arak-arakan saat merayakan pergantian malam Tahun Baru 2022. "Intinya adalah tetap menjaga jarak dan mencegah terjadinya kerumunan guna mengurangi risiko terpapar Covid-19. Jika harus mengunjungi ruang publik maka perlu mengoptimalkan aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Selain itu dia juga mengingatkan pentingnya pemeriksaan whole genome sequencing guna mendeteksi dini potensi varian baru SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di Indonesia." Pemeriksaan whole genome sequencing atau WGS perlu ditingkatkan untuk melacak dan mendeteksi mutasi virus,"  ujar Yudhi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement