Jumat 17 Dec 2021 04:59 WIB

Sejarah Pedagang Maroko di Manchester, Bukti Identitas Arab Terintegrasi di Inggris

pedagang Maroko mulai mengunjungi Inggris pada awal abad keenam belas

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Subarkah
Ratu Elizabeth I menulis surat kepada Sultan Ahmed al-Mansur di Spanyol dengan mengatakan dirinya laksana saudara perempuannya.
Foto: Thetimes.co.uk
Ratu Elizabeth I menulis surat kepada Sultan Ahmed al-Mansur di Spanyol dengan mengatakan dirinya laksana saudara perempuannya.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Keberadaan komunitas Arab di Inggris telah menciptakan jejaknya sejak berabad-abad silam. Pada abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh, komunitas pedagang Suriah/Libanon sudah ada di Manchester, Inggris. Namun mereka bukan satu-satunya kelompok Arab di Inggris selama periode tersebut. 

Adapula pedagang Maroko yang membentuk komunitas Arab yang sangat berbeda di Manchester. Kedua komunitas, Arab Suriah/Libanon dan Maroko, memiliki banyak kesamaan tampilan. Keduanya datang ke Manchester sebagai pedagang, tertarik dengan peluang yang ditawarkan industri tekstil, dan keduanya berniat melestarikan bahasa dan tradisi mereka.

Keduanya juga meninggalkan Manchester pada 1930-an ketika perdagangan kapas menurun. Akan tetapi, adapula yang menandai perbedaan dalam hubungan mereka dengan negara asal mereka, cara mereka diterima di Manchester, dan sejauh mana mereka terintegrasi.

Menurut Khalid Bekkaoui dari Pusat Studi Budaya Maroko, pedagang Maroko mulai mengunjungi Inggris pada awal abad keenam belas. Mereka tiba di pelabuhan St. Ives di Cornwall pada 1589. 

 

Mereka tinggal di negara itu selama enam bulan, mengunjungi Istana Hampton Court dan pasar-pasar di London dan diundang untuk menghadiri perayaan ulang tahun penobatan Ratu Elizabeth.

Pada abad kesembilan belas, pedagang Muslim dan Yahudi Maroko mulai menetap di Manchester secara lebih permanen. Pada 1830-an, Inggris dan Maroko menandatangani perjanjian yang mengizinkan rakyat mereka untuk bepergian dan berdagang di wilayah masing-masing.

Para pedagang Maroko membawa sebagian besar barang-barang pertanian ke Inggris, termasuk kurma, almond, lilin lebah, dan minyak. Sementara itu, mereka mengirim kembali tekstil, peralatan perak, teh Cina, dan rempah-rempah ke Maroko.

Para pedagang Fessi itu mengekspor perak kembali ke Maroko. Bekkaoui mencatat bahwa kata manisheester dan ritus, meniru produk berlambang pabrikan Manchester Richard Wright, memasuki kosakata lokal di Fes, untuk merujuk pada nampan dan pot teh berkualitas baik.

Dalam artikelnya tahun 1992 berjudul The Millet of Manchester, Profesor Fred Halliday menulis bahwa para pedagang Maroko di Manchester berniat untuk melestarikan agama, adat istiadat, dan bahasa mereka pada abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh.

Pada 1905, Louis Hayes, seorang pedagang Manchester, menulis yang menggambarkan seperti apa komunitas Maroko di pertengahan abad ke-19. Dalam bukunya, Reminisces of Manchester, Hayes mencatat betapa eratnya para pedagang dan betapa berbedanya gaya bisnis mereka dengan para pedagang Inggris. 

Kelompok terakhir pada awalnya dikejutkan oleh keterbukaan dan kepercayaan antara pagang Maroko dan bagaimana, jika Anda ingin mendiskusikan bisnis dengan salah satu dari mereka, Anda harus melakukannya di depan semua pedagang yang lain. 

"Kadang-kadang ini agak memalukan bagi penjual, tetapi cara mereka berbisnis cukup menyenangkan dan mudah ketika Anda pernah diterima sebagai teman umum mereka," kata Hayes dalam tulisannya, dilansir di The New Arab, Kamis (16/12).

Hayes juga memuji komunitas Maroko dalam bukunya pada 1905.

"Secara keseluruhan, orang-orang Moor ini adalah sekelompok pria yang bijaksana, damai, baik hati, dan mudah bergaul. Orang-orang Muhammad dengan keimanan tidak bisa tidak mengagumi dan menghormati mereka karena ketaatan mereka yang ketat terhadap semua yang diperintahkan agama mereka."

Pada 1890-an, Manchester City News telah menerbitkan beberapa laporan negatif tentang pedagang Suriah dan Libanon di Manchester. Sebaliknya, kantor berita itu melaporkan komunitas Maroko dan budaya mereka dengan hormat dan penghargaan sambil meratapi kepergian mereka sekitar tahun 1936 ketika sekelompok besar orang Maroko meninggalkan kota itu.

Sebuah laporan dari 2 Oktober 1936 mencatat bahwa anak-anak yang lahir dari komunitas di Manchester memperoleh kewarganegaraan Inggris dan anak-anak ini kemudian mewariskannya kepada keturunan mereka sendiri yang lahir di Maroko.

"Setelah melahirkan keluarga besar, banyak dari anak-anak yang lahir di Manchester menikmati kewarganegaraan Inggris, dan meskipun kembali ke kota asal mereka, Fez, generasi lain yang lahir di Maroko mengklaim dengan hak kewarganegaraan Inggris, yang sangat mereka banggakan dan hargai hak-hak istimewanya, meskipun mereka mungkin tidak akan pernah melihat negara itu."

Laporan itu juga menggambarkan bagaimana orang-orang Maroko mempertahankan keyakinan Islam mereka dan melakukan sholat berjamaah ketika tidak ada masjid di kota itu.

"Kebiasaan Koloni Maroko di Manchester ini bukanlah hal yang aneh, kecuali bahwa salah satu pria berusaha untuk memastikan bahwa daging diberikan sesuai dengan tindakan Muhammad. Pria yang sama ini juga memimpin mereka untuk sholat setiap hari Jumat, yang pelaksanaannya diadakan di sebuah rumah di Parkfield."

The Manchester City News memuji para pedagang Maroko atas kejujuran dan keramahan mereka. Selain itu, juga tercatat bahwa sebagian besar pedagang Maroko telah menikahi wanita kulit hitam, yang dibeli sebagai budak di Maroko, dan membawa mereka kembali ke Inggris.

Abdelmajid Benjelloun, seorang novelis Maroko yang orang tuanya berimigrasi ke Inggris pada 1919, ketika dia baru berusia satu tahun, mengenang dalam novel otobiografinya Fi Al-Tifula (On Childhood/Masa Kanak-kanak) bahwa bukan hanya peluang bisnis yang membuat para pedagang Maroko bertahan di Manchester.

"Mereka memiliki kecenderungan aneh untuk menikmati hidup, kehidupan yang menyenangkan yang ditawarkan oleh kota-kota Inggris dan resor mereka," katanya.

Benjelloun mengingat bahwa orang Maroko terpesona dengan taman umum Inggris, ruang hijau, dan resor tepi laut dan sering pergi mendaki dan piknik serta pergi ke bioskop dan teater. Benjelloun ingat bahwa dia dan anak-anak Maroko lainnya akan bebas bergaul dengan anak-anak Inggris dan orang tua mereka, bersekolah di sekolah yang sama.

Sementara orang tuanya bersikeras bahwa putra mereka dikecualikan dari ibadah Kristen di sekolah, dia dan anak-anak lain akan merayakan Natal, bertukar hadiah dengan anak-anak Inggris. Namun, pengalaman Benjelloun tidak sepenuhnya positif. Dia ingat bahwa dia sering diganggu oleh anak-anak lain karena asal usul Marokonya dan sebagai akibatnya memiliki karakter pemalu.

Sebagian besar komunitas Maroko awal ini telah kembali ke Maroko pada 1936 ketika perdagangan tekstil Lancashire menurun.

"Terlepas dari kerugian materi yang cukup besar untuk kota ini, Manchester telah kehilangan banyak warga negara yang baik yang, sambil mempertahankan semua kebiasaan dan atribut oriental mereka, membangun reputasi yang tiada duanya untuk transaksi jujur dan hidup bersih bagi diri mereka sendiri," tulis Manchester City News. 

Meskipun komunitas Maroko awal di Manchester relatif kecil dan akhirnya kembali ke Maroko, namun mereka memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana komunitas Arab terintegrasi ke dalam kehidupan Inggris pada saat sebelum konsepsi modern dari kewarganegaraan dan kesetaraan ras, dengan perlindungan terkait, telah didirikan. 

Pada 1930-an ketika sebagian besar komunitas Maroko asli Manchester telah kembali ke negara asal mereka, orang Arab lainnya, terutama Yaman, membangun kehadiran yang lebih permanen di kota-kota Inggris.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement