Kamis 16 Dec 2021 20:50 WIB

Kebiasaan Sarapan yang Bikin Kulit Lebih Cepat Menua

Beberapa ahli diet bicara tentang kebiasaan sarapan terburuk untuk kulit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan saat sarapan yang bikin kulit lebih cepat menua (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan saat sarapan yang bikin kulit lebih cepat menua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang salah dengan kulit yang berubah dari waktu ke waktu. Penuaan kulit adalah proses alami yang dialami setiap orang dengan cara sama, seperti mengalami perubahan di seluruh tubuh, seiring bertambahnya usia.

Meskipun itu adalah sesuatu yang dialami semua orang, ada hal-hal tertentu yang dapat mempercepat proses penuaan kulit, seperti tidak memakai tabir surya, tingkat stres ekstrem, dan pilihan makanan yang buruk.

Baca Juga

Berbicara tentang makanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, beberapa ahli diet bicara tentang kebiasaan sarapan terburuk yang dapat membuat kulit lebih cepat menua. Dilansir di Eat This, Not That! pada Kamis (16/12), berikut kebiasaan makan yang berdampak buruk untuk kulit:

1. Makan terlalu banyak gula pada pagi hari

Kita semua menyukai donat, muffin, atau pancake pada pagi hari. Namun, menurut penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility, Lauren Manaker, gula yang berlebihan dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan kulit. Mengonsumsi gula dalam jumlah besar dapat menyebabkan pelepasan produk akhir glikasi lanjutan (atau AGEs), yang diketahui mempercepat penuaan kulit. Jadi, makan donat sesekali boleh saja. Penting diketahui bahwa membiasakannya dapat merusak kesehatan kulit.

2. Makan roti panggang putih daripada gandum utuh

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika berbicara sarapan sehat adalah menghindari roti panggang putih. "Biji-bijian putih dilucuti dari sifat kaya nutrisinya dan benar-benar hanyalah versi lain dari gula, dan selama proses pemurnian, kandungan vitamin B yang tinggi hilang,” kata penulis di GoWellness, Courtney D'Angelo.

Roti gandum utuh melewati proses yang jauh lebih sedikit sehingga masih memiliki vitamin B utuh, yang menurut D'Angelo dapat membantu mengurangi peradangan.

3. Melewatkan sayuran dan buah

Jika sarapan berisi daging, telur, kentang, dan tanpa sayuran, Anda mungkin melihat kulit menua lebih cepat. Menghindari makanan tertentu dapat membantu dalam proses penuaan kulit. Namun, ada juga makanan yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet, yang dapat membantu memiliki kulit sehat dan bercahaya.

"Buah dan sayuran sarat dengan antioksidan yang dapat membantu mendukung kesehatan kulit," kata Manaker. 

Karena itu, dia menyarankan untuk memasukkan buah beri dengan oatmeal atau segenggam bayam dengan telur pagi dapat membantu kenyang dengan cara alami.

4. Menambahkan terlalu banyak pemanis ke kopi

Bagaimana Anda membuat secangkir kopi pagi juga dapat memengaruhi cara kulit menua selama bertahun-tahun. Baik Anda menikmati secangkir kopi panas atau es, tetapi menambahkan terlalu banyak pemanis dapat berdampak negatif pada kulit.

"Gula bersifat pro-inflamasi, mempromosikan mikrobioma yang tidak sehat, dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang semuanya merupakan karakteristik mempercepat proses penuaan," kata D'Angelo.

Penting untuk membatasi gula tambahan, dan memasukkan bahan-bahan seperti buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa tetap terhidrasi adalah kebiasaan nomor satu untuk membantu kulit Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement