Jumat 17 Dec 2021 05:20 WIB

Doa Belum Terkabul, Tanda Allah Senang Dengar Suara Doa Kita?

Ada seorang Muslim yang sudah berkali-kali berdoa tapi belum juga terkabul.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berdoa.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Berdoa.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Penasihat Mufti Mesir yang juga anggota fatwa Darul Ifta Mesir, Syekh Dr Majdi Ashour mendapat pertanyaan dari seorang Muslim yang sudah berkali-kali berdoa tapi belum juga terkabul. Lalu dia menanyakan apa faktor yang membuat doanya belum terkabul.

"Tuhanmu selalu senang mendengar suaramu saat berdoa, lalu Dia (Allah SWT) menjawab suara kamu itu sayang dan berharga, dan Dia senang mendengarnya," kata Syekh Ashour menjawab pertanyaan tersebut, dilansir dari laman Elbalad, Kamis (16/12).

Baca Juga

Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir yang lain, Syekh Ahmad Wissam juga memberikan penjelasan terkait hal itu. Dia mengatakan, seharusnya seorang Muslim tidak bersedih ketika doanya belum terkabul. "Karena Allah SWT mungkin telah memberinya kenikmatan yang besar, yaitu petunjuk atas doanya bahwa Allah SWT senang mendengar suara hamba-Nya yang berdoa," jelasnya.

Syekh Wissam melanjutkan, ketika doa seorang Muslim belum terkabul, maka kemudian ini dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya bagi Muslim tersebut. Namun, sejatinya Allah SWT adalah Yang Maha Mengetahui tentang persoalan yang dialami hamba-Nya, sehingga Dia dapat mengangkat derajat dan perbuatan baik seorang Muslim lewat doanya di Hari Kiamat kelak.

 

Syekh Wissam juga mengingatkan, doa itu harus terus dipanjatkan tanpa rasa putus asa. Seorang hamba harus memiliki keyakinan penuh bahwa Allah SWT tidak melakukan apapun kecuali kebaikan bagi para hamba-Nya.

Dalam riwayat Ibnu Mas'ud, dia berkata bahwa bila Rasulullah SAW berdoa, maka biasanya beliau SAW mengulanginya sampai tiga kali, dan jika beliau meminta (kepada Allah SWT), maka beliau juga mengucapkannya tiga kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement