Jumat 17 Dec 2021 03:14 WIB

6 Manfaat Berdzikir Mengingat Allah SWT

Apalagi, bila seorang Muslim tahu manfaat berdzikir, tentu tidak akan meninggalkannya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Infografis Doa dan Dzikir Setelah Sholat
Foto: Republika.co.id
Infografis Doa dan Dzikir Setelah Sholat

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Sebagian dari kita mungkin ada yang mengabaikan dzikir, padahal ini adalah ibadah yang membuat hati menjadi tentram, tubuh menjadi tenang, kecemasan dan kesulitan pun bakal lenyap.

Allah SWT berfirman, "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS Ar-Ra'd ayat 28)

Baca Juga

Apalagi, bila seorang Muslim tahu manfaat berdzikir, tentu tidak akan meninggalkannya. Sebab ada beberapa manfaat atau faedah yang didapat ketika seorang Muslim senantiasa berdzikir.

Pertama, berdzikir dapat bermanfaat agar dikaruniai keturunan yang sholeh, sebagaimana yang dialami oleh Nabi Zakaria. Hal ini pun diabadikan dalam Alquran.

"Wahai Nabi Muhammad, apa yang dibacakan kepadamu ini adalah penjelasan tentang rahmat Tuhanmu Yang Maha Pengasih kepada hamba-Nya, Zakaria, insan pilihan yang sholeh dan taat beribadah, (yaitu) ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, sungguh tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu, ya Tuhanku." (QS Maryam ayat 2-4)

Kedua, faedah berdzikir yaitu untuk mengembalikan sesuatu yang hilang. Hal ini seperti yang dialami Nabi Yakub ketika kehilangan putranya, Nabi Yusuf karena persekongkolan di antara anak-anak Nabi Yakub yang lain.

"Dan dia (Yakub) berpaling dari mereka (anak-anaknya) seraya berkata, "Aduhai dukacitaku terhadap Yusuf," dan kedua matanya menjadi putih karena sedih. Dia diam menahan amarah (terhadap anak-anaknya). Mereka berkata, "Demi Allah, engkau tidak henti-hentinya mengingat Yusuf, sehingga engkau (mengidap) penyakit berat atau engkau termasuk orang-orang yang akan binasa." Dia (Yakub) menjawab, "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. Dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui. (QS Yusuf ayat 84-86)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement