Jumat 17 Dec 2021 01:06 WIB

Cara Praktis Ubah Font WhatsApp di Android

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur bawaan yang bisa dilakukan untuk menata font.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp. Aplikasi WhatsApp memiliki fitur bawaan yang bisa dilakukan untuk menata font.
Foto: Antara
Whatsapp. Aplikasi WhatsApp memiliki fitur bawaan yang bisa dilakukan untuk menata font.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Aplikasi pesan WhatsApp memiliki sejumlah fitur yang masih banyak orang belum ketahui. Di antaranya adalah mengubah gaya font tulisan. Bagi Anda pengguna Android, Anda dapat mengubah font dengan mudah.

Ada dua metode yang bisa Anda lakukan, yaitu memanfaatkan fitur bawaan WhatsApp dan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir Digitub, Kamis (16/12):

Baca Juga

Metode 1

Sebelum mulai mencoba, pastikan Anda sudah membuat obrolan baru dengan pengguna yang ingin Anda ajak mengobrol. Aplikasi WhatsApp memiliki sejumlah fitur bawaan yang bisa dilakukan untuk menata font.

Pertama, Teks Tebal atau Bold. Anda bisa menggunakan tanda asterisk sebelum teks dan sesudah teks. Misal, *Teks Tebal.* Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ikon Tiga Titik yang terlihat di teks dan pilih “Bold.”

Fitur kedua adalah teks miring. Anda bisa menggunakan tanda garis bawah, seperti _Teks Miring_. Atau Anda juga bisa mengetuk ikon Tiga Titik dan pilih Italic. Selain teks miring, Anda juga bisa membuat teks coretan dengan tanda tilde “~”. Anda juga bisa menggunakan ikon Tiga Titik untuk menggunakannya dengan pilih “Strikethrough” atau Dicoret.

Fitur bawaan terakhir adalah mengubah font Monospace atau Mesin Ketik. Anda bisa ketik teks yang Anda inginkan dengan tanda \'\"`\' di kedua sisi frasa teks. Jika tak ingin repot, Anda juga bisa mengklik ikon Tiga Titik dan pilih “Monospace.”

Metode 2

Untuk memiliki pilihan yang lebih banyak dalam mengubah font di WhatsApp, Anda bisa menggunakan aplikasi ketiga yang disediakan di Google Playstore. Anda bisa mulai dengan aplikasi Fonts.

1.Unduh aplikasi Fonts

2.Buka aplikasi Fonts dan klik tombol “Go to Settings” atau Pergi ke Pengaturan di layar. Ini akan secara otomatis menavigasi Anda ke pengaturan Keyboard di ponsel Anda.

3.Buka pengaturan Keyboard lalu pilih “Add new keyboard” atau Tambah keyboard baru dan ketuk Fonts.

4.Sekarang Anda dapat memilih Fonts pada menu Keyboard dan beralih pada tombol “Allow full access” atau Izinkan akses penuh.

5.Buka WhatsApp dan buka obrolan. Klik ikon keyboard.

6.Pilih keyboard Fonts. Kemudian pilih gaya font yang ingin Anda gunakan untuk mengetik.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement