Kamis 16 Dec 2021 14:14 WIB

Kaligrafi Turki Masuk Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Kaligrafi tradisional Turki atau Husn-i Hat masuk Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Pandemi Covid-19 tak membuat Mahmut Sahin, seorang seniman kaligrafi Turki menghentikan aktivitasnya.
Foto: IHA Photo
Pandemi Covid-19 tak membuat Mahmut Sahin, seorang seniman kaligrafi Turki menghentikan aktivitasnya.

IHRAM.CO.ID,  ANKARA -- Kementerian Luar Negeri Turki mengumumkan, kaligrafi tradisional Turki atau dikenal sebagai Husn-i Hat telah ditambahkan ke daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO, Rabu (15/12). Jumlah elemen budaya negara yang tertulis dalam daftar telah mencapai 21.

"Berkas nominasi nasional kami 'Husn-i Hat, Tradisional Kaligrafi dalam Seni Islam di Turkiye telah tertulis di Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Manusia UNESCO, selama Sesi ke-16 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda yang diadakan secara daring antara 13-18 Desember 2021," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki dikutip dari Anadolu Agency.

Baca Juga

Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan akan menjaga sejarah akar budaya. "Kami dengan tegas akan terus melestarikan, menghargai, dan mempromosikan nilai-nilai budaya kami yang kaya yang diwarisi dari sejarah kami yang mengakar," katanya.

Husn-i adalah praktik berabad-abad menulis huruf Arab secara terukur dan proporsional dengan tetap mempertimbangkan nilai-nilai estetika tertentu. Kaligrafi tradisional, menurut UNESCO, dapat ditulis di atas kertas atau kulit, juga dapat diterapkan pada batu, marmer, kaca dan kayu, antara lain. Dwina Agustin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement