Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Roberto Mancini Sesali Apa yang Kini Terjadi kepada Aguero

Kamis 16 Dec 2021 06:33 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Sergio Aguero dan Roberto Mancini saat masih bersama di Manchester City. Mancini sedih karena Aguero pensiun akibat masalah di jantung.

Sergio Aguero dan Roberto Mancini saat masih bersama di Manchester City. Mancini sedih karena Aguero pensiun akibat masalah di jantung.

Foto: EPA/CESARE ABBATE
Aguero telah resmi gantung sepatu.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini tak dapat menutupi perasaan sedih setelah mendengar keputusan resmi Sergio Aguero untuk pensiun dari dunia sepak bola.

Mancini yang merupakan mantan mentor Aguero di Manchester City jelas terkejut mengetahui pemberitaan tersebut. Ia pun berharap hal itu menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga

"Saya sangat sedih, saya mendoakan yang terbaik untuk Sergio Aguero," kata Mancini kepada TMW dilansir Football Italia, Kamis (16/12).

Aguero bergabung dengan Barcelona musim panas 2021 dari Manchester City, klub yang telah ia perkuat selama satu dekade terakhir.

Nahas, belum lama membela panji Los Azulgrana, Aguero mengalami cedera dan masalah kesehatan pada area jantung pesepak bola asal Argentina tersebut.

Alhasil masalah itu memaksa Aguero menanggalkan sepatunya untuk berhenti dari dunia kulit bundar. Sebelumnya, pemain 33 tahun sempat absen selama tiga bulan dan telah mengadakan wawancara terkait keputusan pensiunnya.

Mancini melatih Manchester City dari Desember 2009 hingga Mei 2013, dan Aguero tiba pada Juli 2011 sekaligus memenangkan gelar perdana bagi Man City.

"Saya ingin dia di Manchester City, dia orang asing dengan rata-rata gol tertinggi di Inggris. Saya menyesal dia harus meninggalkan sepak bola begitu cepat," sambung Mancio.

Aguero meninggalkan Manchester City sebagai pencetak gol terbanyak klub setelah kontraknya berakhir pada Juni dan mantan pemain internasional Argentina itu meninggalkan sepak bola setelah mencetak 41 gol dalam 101 pertandingan bersama La Albiceleste.

 

Air mata

Pengumuman pensiunnya Aguero dilakukan dalam konferensi pers di Camp Nou, Barcelona, Rabu (15/12) petang WIB. 

Aguero sempat menangis sebelum berbicara. Air mata yang menggenangi pelupuk matanya beberapa kali diusap dengan sapu tangan.

Aguero sempat menangis sebelum berbicara. Air mata yang menggenangi pelupuk matanya beberapa kali diusap dengan sapu tangan.

Aguero mengatakan, gantung sepatu merupakan keputusan sulit, tapi dia tidak punya pilihan lain setelah mempertimbangkan masalah kesehatan yang dihadapinya. 

"Konferensi pers ini untuk mengumumkan saya memutuskan pensiun dari sepak bola. Ini momen sulit. Keputusan yang saya buat saya ambil karena pertimbangan kesehatan karena masalah yang saya hadapi," kata Aguero yang didampingi Presiden Barcelona Joan Laporta. 

Aguero belum bermain sejak menjalani tes jantung setelah mengeluh tidak enak badan saat pertandingan melawan Alaves di liga Spanyol pada 30 Oktober. 

"Saya dalam penanganan tenaga medis yang baik. Keputusan terbaik adalah pensiun. Sepuluh hari lalu saya membuat keputusan ini. Saya sudah berusaha, tapi ini keputusan terbaik," ujarnya. 

Aguero bergabung dengan Barcelona di akhir musim setelah 10 tahun di Manchester City, di mana ia mencetak rekor klub 260 gol dan menjadi pemain legendaris Inggris. Dia sebelumnya merupakan bintang Atletico Madrid. Sayangnya, kariernya hanya berjalan singkat di Barcelona.

Saat ini, Aguero menyatakan, belum tahu apa yang akan ia lakukan. Namun, pemain yang akrab dengan nomor 10 ini diyakini tak akan jauh dari dunia sepak bola.

Mantan menantu Maradona tersebut kemungkinan akan pulang ke Barcelona untuk memulihkan dirinya terlebih dahulu.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA