Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Pilkades di Panajam Paser Utara, Suami Kalahkan Istri

Kamis 16 Dec 2021 00:18 WIB

Red: Andri Saubani

Pemilihan kepala desa/pilkades (ilustrasi)

Pemilihan kepala desa/pilkades (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Kasiyono mengalahkan istrinya, Emilia Kartika di Pilkades Desa Wonosari.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Pasangan suami istri di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang bertarung dalam pikades di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akhirnya dimenangkan oleh sang suami, yakni Kasiyono. Kasiyono adalah petahana dalam kontestasi pilkades tahun ini.

"Alhamdulillah, pilkades di sini aman dan lancar, semoga saya bisa memimpin dengan lancar pula untuk enam tahun ke depan," ujar Kasiyono, yang berhasil unggul atas pesaing yang juga istrinya, Emilia Kartika, saat dihubungi dari Samarinda, Rabu (15/12).

Baca Juga

Dalam pilkades di Desa Wonosari ini diperoleh total 606 suara sah yang tersebar dari tiga tempat pemungutan suara (TPS), yakni 111 suara untuk Emilia Kartika yang berada di nomor urut 1, selebihnya 595 suara untuk Kasiyono di nomor urut 2. Rincian perolehan suara dari tiga TPS itu adalah di TPS 1 sebanyak 38 suara untuk Emilia dan 158 suara untuk Kasiyono.

TPS 2 terdapat 34 suara untuk Emilia dan 163 suara untuk Kasiyono, TPS 3 terdapat 39 suara untuk Emilia dan 174 suara untuk Kasiyono. Sebelumnya, Emilia menyatakan siap kalah karena ia optimistis bahwa suaminya bakal memenangi pilkades tersebut, bahkan dalam sosialisasi pun ia meminta masyarakat mencoblos nomor urut 2, bukan nomor urut 1.

"Saya mencalonkan menjadi kades karena permintaan suami, pencalonan saya lakukan di detik akhir penyerahan formulir pendaftaran, karena hingga tanggal akhir batas penyerahan formulir pendaftaran, hanya suami saya yang daftar karena jika hanya ada satu calon, pilkades akan diundur," katanya pula.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU Usep Supriatna mengatakan, dalam pilkades serentak yang digelar di Kabupaten PPU pada Rabu ini dilaksanakan pada 14 desa. Rincian hasil dari pilkades serentak ini adalah untuk Desa Girimukti dimenangkan Hendro selaku petahana, Desa Bukit Subur dimenangkan oleh Asep yang juga petahana.

Desa Sesulu dimenangkan Rahman, Desa Api-Api dimenangkan Sarinah, Desa Bukit Raya dimenangkan Yatiman, Desa Tengin Baru dimenangkan Junaidin. Berikutnya, Desa Wonosari dimenangkan Kasiyono selaku petahana, Desa Babulu Laut dimenangkan Ismail Subli, Desa Babulu Darat dimenangkan Abdul Zais yang juga petahana, Desa Rawa Mulia dimenangkan Sunarto.

"Kemudian, Desa Sumber Sari dimenangkan Tahyatul, Desa Sebakung Jaya dimenangkan Sajidin, Desa Gunung Makmur dimenangkan Asep Sopandi, dan Desa Sri Raharja dimenangkan Surani selaku petahana," ujar Usep.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA