Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

BWA Kirim Tim Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru

Rabu 15 Dec 2021 16:40 WIB

Red: Irwan Kelana

Badan Wakaf Alquran (BWA) mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban erupsi Semeru.

Badan Wakaf Alquran (BWA) mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban erupsi Semeru.

Foto: Dok BWA
BWA menyalurkan bantuan sandang dan pangan siap makan.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Banyak warga terdampak erupsi Semeru yang masih mengungsi di sejumlah titik pos pengungsian. Total warga yang mengungsi pada Sabtu (11/12) tercatat berjumlah 9.118 jiwa yang terdiri dari penyintas laki-laki sebanyak 4.435 jiwa dan penyintas perempuan 4.683 jiwa (sumber: BNPB). 

Para penyintas tersebar di 115 titik pos pengungsian yang terpusat di 18 titik di tig  kecamatan, yaitu Kecamatan Pasirian memiliki enam titik pos dengan 2.081 jiwa pengungsi, Candipuro delapan titik dengan 3.538 pengungsi, dan Pronojiwo empat titik dengan 1.056 pengungsi.

Basan Wakaf Alquran (BWA)  sigap bergerak membantu warga terdampak erupsi yang kini tengah mengungsi di sejumlah titik pengungsian. Ahad (12/12)  malam, tim sedekah kemanusiaan (SK) BWA bertolak dari Jakarta menuju Lumajang untuk langsung membantu dan mendistribusikan barang-barang pokok yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

“Senin (13/12) pagi ini kami langsung berbelanja kebutuhan pokok untuk para pengungsi di Pasar Besar Malang. Fokus kami adalah kebutuhan sandang dan pangan yang tentunya sangat-sangat dibutuhkan oleh para pengungsi,” tutur Wahyu penanggung jawab program SK BWA dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (14/12).

Tim BWA tiba di lokasi sekitar jam tujuh pagi.  “Sejak pagi hingga siang hari,  tim SK BWA berbelanja di Pasar Besar Malang untuk membeli kebutuhan bahan sandang berupa  60 pcs mukena, 10 lusin pakaian dalam pria dewasa, 20 lusin pakaian dalam wanita dewasa, 5 lusin pakaian dalam anak-anak pria, 5 lusin pakaian dalam anak-anak wanita, 30 stel seragam sekolah pria untuk kelas 1-6 SD, 30 stel seragam sekolah wanita untuk kelas 1-6 SD,” papar Wahyu.

photo
Tim BWA menyalurkan makanan siap saji kepada para penyintas erupsi Semeru.  (Foto: Dok BWA)
Selain kebutuhan sandang, Wahyu menambahkan, untuk kebutuhan bahan pangan tim menyiapkan 200 box  makanan siap saji dan 60 pcs ikan kaleng. Selepas selesai menyiapkan semuanya tim BWA melanjutkan perjalanan menuju posko yang berlokasi di Kecamatan  Pronojiwo, Kabupten Lumajang.

“BWA sebagai lembaga kemanusiaan akan selalu berkomitmen untuk membantu saudara-saudara yang sedang mendapat musibah dan bencana, mohon doa dan dukungan terbaik dari para donatur, semoga Erupsi Gunung Semeru lekas membaik dan semoga semua warga terdampak diberikan keselamatan dan kesehatan, aamiin,” tutur Wahyu.

Baca juga : Operasi Pencarian Korban Erupsi Semeru Diperpanjang 3 Hari

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA