Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Xavi Puji Penampilan Apik Dani Alves di Debut Kedua Membela Barcelona

Rabu 15 Dec 2021 15:47 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

 Pemain sayap baru FC Barcelona, Dani Alves. Dani Alves akhirnya melakoni debut keduanya bersama Barcelona, tepatnya saat Blaugrana menghadapi Boca Juniors di pentas Maradona Cup 2012, Rabu (15/12) dini hari WIB.

Pemain sayap baru FC Barcelona, Dani Alves. Dani Alves akhirnya melakoni debut keduanya bersama Barcelona, tepatnya saat Blaugrana menghadapi Boca Juniors di pentas Maradona Cup 2012, Rabu (15/12) dini hari WIB.

Foto: EPA -EFE/Enric Fontcuberta
Meski telah menginjak usia 38 tahun, Alves belum kehilangan sentuhannya sama sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Dani Alves akhirnya melakoni debut keduanya bersama Barcelona, tepatnya saat Blaugrana menghadapi Boca Juniors di pentas Maradona Cup 2012, Rabu (15/12) dini hari WIB. Dalam laga yang digelar di Stadion King Saud University itu, pemain berusia 38 tahun itu dipercaya mengawal sisi kanan pertahanan Blaugrana dan tampil selama 90 menit laga.

Tidak hanya itu, Alves yang menyandang ban kapten juga menjadi eksekutor pertama Blaugrana dalam babak adu penalti usai skor imbang, 1-1. Meski arah tendangan Alves bisa dibaca, tapi laju bola tidak bisa dihalau oleh kiper Boca Juniors.

Baca Juga

Sayangnya, Blaugrana harus menyerah, 2-4, pada babak adu penalti dari Boca Juniors di laga penghormatan untuk legenda sepak bola asal Argentina, Diego Armando Maradona, tersebut. Kendati begitu, penampilan Alves di laga ini dinilai cukup apik untuk ukuran pemain yang telah memasuki usia senja dalam karier pesepak bola profesional.

Mantan bek sayap Juventus itu juga terlihat tenang dalam mematahkan serangan Boca Juniors di sisi kanan pertahanan. Beberapa kali, Alves terlihat melakukan intersep dan tekel guna mengambil alih kembali kendali bola. Tidak hanya soal pertahanan, Alves juga kerap terlibat dalam bangunan serangan Blaugrana.

''Alves kerap terlibat aktif dalam sejumlah serangan Barcelona. Bahkan, pada pertengahan babak pertama, Alves sempat membuat kiper Boca Juniors kesulitan untuk menghalau sepakannya dari luar kotak penalti,'' tulis laporan Marca, Rabu (15/12).

Selain melakukan penetrasi ke sisi kiri pertahanan Boca Juniors, Alves terlihat beberapa kali secara dinamis mengisi ruang di lapangan tengah. Perubahan posisi Alves ini seolah mengingatkan kembali dengan skema pergantian posisi di gaya permainan tiki-taka Blaugrana, beberapa tahun silam.

Meski telah menginjak usia 38 tahun, Alves belum kehilangan sentuhannya sama sekali. Menilik performa di laga ini, bukan tidak mungkin, pada paruh kedua musim ini, Alves bisa menggeser Serginho Dest sebagai pemain utama di posisi bek kanan Barcelona.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, pun memuji performa mantan rekannya saat masih merumput buat Blaugrana tersebut. ''Meski sudah lama tak merumput, penampilannya begitu luar biasa. Kita bisa melihat apa yang dia berikan buat tim ini, intensitas, kerja keras, dan operan-operan terakhir. Semua itu bisa membuat perbedaan dalam performa tim secara keseluruhan,'' kata Xavi seusai laga seperti dilansir AS.

Ini menjadi penampilan pertama Alves buat klub asal Katalan tersebut setelah lima setengah tahun. Terakhir kali eks bek sayap PSG itu mengenakan seragam Blaugrana adalah pada 22 Mei 2016 silam, tepatnya di laga final Copa del Rey musim 2015/2016. Pada saat itu, Alves mengantarkan Barcelona juara.

Pada kesempatan pertamanya membela Barcelona, tepatnya pada 2008 hingga 2016, Alves mempersembahkan 286 kemenangan dan mencetak 21 gol dari 391 penampilan di semua ajang. Usai didatangkan dengan status free transfer pertengahan November 2021 lalu, Alves rencananya baru bisa memperkuat Blaugrana pada Januari 2022 mendatang.

Alves sudah bisa diturunkan di babak semifinal Piala Super Spanyol musim 2021/2022, menghadapi Real Madrid. Jadi, Alves berpeluang mencatatkan debut kompetitif keduanya berasama Blaugrana di laga el Clasico.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA