Gobel Raih Award Pimpinan DPR Paling Aspiratif

Rachmat Gobel meraih anugerah dari KWP Award 2021 sebagai pimpinan inspiratif

Rabu , 15 Dec 2021, 15:30 WIB
 Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, meraih anugerah KWP Award 2021 sebagai pimpinan DPR paling aspiratif.
Foto: istimewa
Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, meraih anugerah KWP Award 2021 sebagai pimpinan DPR paling aspiratif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, meraih anugerah KWP Award 2021 sebagai pimpinan DPR paling aspiratif. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas anugerah ini. Ini menjadi bahan instrospeksi bagi saya untuk menjadi lebih baik lagi. Anugerah ini menjadi amanah dan juga motivasi bagi saya,” katanya, Rabu, (15/12).

KWP Award adalah anugerah yang diberikan oleh Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP). Penganugerahan ini diberikan di Media Center DPR RI dan dilakukan secara daring dan luring. 

Ada empat kategori anugerah, yaitu kategori pimpinan DPR, kategori alat kelengkapan DPR, kategori anggota DPR, dan kategori fraksi di DPR. Untuk kategori pimpinan DPR, ada empat award, yaitu Srikandi Inspiratif, Terpopuler, Aspiratif, serta kategori Humanis dan Demokratis. Gobel meraih award paling aspiratif. Marlen Sitompul, ketua KWP 2020-2022, menyerahkan award ke Gobel.

Pangi Syarwi Chaniago, pendiri Voxpol Center Research and Consulting, yang menjadi konsultan pada KWP Award ini, menyampaikan kinerja DPR periode kali ini mengalami peningkatan. 

“Trend-nya positif, sebagai salah satu lembaga negara yang dipercaya publik. Ini berkat kinerja anggota dan pimpinan DPR yang mampu menyampaikan kerjanya ke publik. Membangun dari distrust menjadi trust. Pemberian award oleh KWP ini merupakan hal yang bagus,” katanya, saat memberikan pidato pengantar dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Rachmat Gobel menyampaikan, pers adalah mitra strategis parlemen serta merupakan pilar keempat demokrasi. “Pers adalah cahaya bagi kehidupan umat manusia. Karena itu, tanpa pers, maka wakil rakyat menjadi kurang bercahaya. Dengan adanya pers, DPR menjadi bercahaya. Cahaya pers lah yang menyinari dunia,” katanya.

Karena itu, Gobel mengajak pers untuk memerangi hoaks. “Hoaks itu merugikan kita semua. Kita harus memerangi hoaks yang membuat resah masyarakat. Hidup tanpa hoak akan menjadi lebih produktif,” katanya. 

Apalagi, katanya, pada 2022 nanti Presiden Jokowi dipercaya memimpin G20. Hal ini makin membawa optimisme Indonesia dalam masalah ekonomi. Gobel mengapresiasi kegiatan penganugerahan oleh KWP karena hal itu akan menjadi pengingat pada parlemen untuk bekerja sebaik-baiknya. 

“Menjadi anggota parlemen berarti siap mengabdi untuk rakyat, menyerap dan menjaring aspirasi rakyat, memperjuangkan aspirasi rakyat, melakukan pengawasan terhadap pemerintah, serta memberikan pendampingan dan pembelaan terhadap nasib rakyat,” katanya. Menurutnya, masih banyak agenda perjuangan bangsa yang harus dituntaskan oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk oleh pers.