Rabu 15 Dec 2021 13:16 WIB

WhatsApp Buat Pratinjau Sebelum Kirim Pesan Suara

Fitur pratinjau voice note WhatsApp akan diluncurkan secara bertahap.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp. WhatsApp meluncurkan fitur pratinjau untuk pesan suara. Fitur akan diluncurkan secara bertahap.
Foto: EPA/Marcelo Sayao
Whatsapp. WhatsApp meluncurkan fitur pratinjau untuk pesan suara. Fitur akan diluncurkan secara bertahap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi pesan WhatsApp terus memperbaiki fitur-fiturnya. Di antaranya adalah kemampuan untuk melihat pratinjau pesan suara di ponsel dan web sebelum menekan tombol kirim.

Sekarang Anda dapat memastikan telah mengutarakan semuanya sebelum menekan kirim pada pesan pribadi. “Itu bukan kesalahan, mereka latihan,” kata WhatsApp dalam mengumumkan fitur tersebut di Twitter, dilansir Trusted Review, Rabu (15/12).

Baca Juga

 

Pengguna dapat memulai pesan suara dengan cara biasa, yaitu membuka obrolan. Kemudian pengguna dapat mengetuk ikon mikrofon untuk merekam suara. Jika pengguna tidak ingin terus menekan ikon mikrofon, pengguna juga dapat mengunci perekaman handsfree dengan menekan ikon gembok. Sambil merekam, pengguna bisa menekan setop untuk menghentikan perekaman.

“Ketuk putar untuk mendengarkan rekaman Anda. Anda juga dapat mengetuk bagian mana pun dari rekaman untuk memutarnya dari stempel waktu itu,” kata WhatsApp di halaman bantuan untuk fitur tersebut. “Ketuk tong sampah untuk menghapus pesan suara atau ketuk kirim untuk mengirimnya,” tambahnya.

Saat ini tampaknya fitur tersebut diluncurkan ke pengguna secara bertahap karena beberapa pengguna masih tidak dapat mengaksesnya di iPhone. Meskipun WhatsApp mengatakan sekarang tersedia di iOS, Android dan WhatsApp untuk Web.

Fitur ini hanyalah salah satu dari serentetan besar fitur yang terkait dengan pesan suara, pesan yang menghilang, enkripsi ujung ke ujung, status daring, dan panggilan grup WhatsApp yang telah diluncurkan dalam beberapa bulan terakhir dengan fitur yang lebih banyak lagi nantinya. Pada bulan September, dilaporkan WhatsApp sedang mengantre bantuan dari Apple untuk membantu dengan transkripsi pesan suara, fitur yang mungkin dilihat pada tahun 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement