Rabu 15 Dec 2021 10:38 WIB

Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10

Windows 11 menyediakan fitur pemulihan yang dapat dilakukan 10 hari sejak instal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Menu start di windows 11
Foto: digitaltrends
Menu start di windows 11

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -– Microsoft telah merilis Windows 11. Meskipun penerimaan publik Windows 11 nya jauh lebih baik daripada Windows Vista, perubahan desain tertentu terbukti kontroversial.

Selain desainnya berubah, versi terbaru Windows mungkin tidak berjalan dengan baik di setiap mesin juga membuat beberapa pengguna menyesali upgrade

Baca Juga

Kabar baiknya, pengguna bisa untuk menurunkan versi kembali ke Windows 10 (downgrade ke Windows 10). Dilansir dari Slashgear, Selasa (14/12), jika Anda telah memutakhirkan PC Anda dari Windows 10 ke Windows 11 di beberapa titik dalam 10 hari terakhir, Anda memiliki opsi yang disederhanakan untuk menurunkan versi ke sistem operasi yang lebih lama. 

Microsoft telah menambahkan opsi pemulihan di Windows 11 yang memungkinkan pengguna untuk menurunkan versi mesin yang baru saja diperbarui kembali ke Windows 10. Namun, fitur tersebut menjadi tidak dapat digunakan setelah 10 hari pertama berlalu. 

 

photo
Downgrade Windows 10 - (slashgear)
 

Jika Anda memenuhi syarat untuk menggunakan opsi rollback ini, cukup tekan tombol Windows + i pada PC Windows 11 untuk membuka Pengaturan. Di dalam jendela Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih “Pemulihan”. Di bawah “Opsi Pemulihan”, opsi kedua berjudul “Kembali”. 

Jika “Kembali” berwarna abu-abu artinya sudah terlambat untuk memutar kembali mesin menggunakan metode ini. Namun, jika tombolnya dapat dipilih, klik “Kembali” untuk mengembalikan PC ke Windows 10. 

Downgrade setelah 10 hari

Jika periode rollback 10 hari telah berlalu, Anda harus menggunakan metode ini, yang akan membutuhkan lebih banyak langkah. Perhatikan bahwa dengan menginstal salinan Windows 10 yang baru, Anda harus mengatur kembali PC dari awal, termasuk menginstal semua aplikasi Anda. Selain itu, Anda memerlukan lisensi Windows 10 untuk instalasi baru. 

Dengan asumsi Anda ingin melanjutkan, Anda harus menuju ke situs web “Unduh Windows 10” dan unduh alat yang tercantum di bawah “Buat media instalasi Windows 10.”

photo
instal Windows 10 - (slashgear)
 

Klik dua kali file yang diunduh untuk meluncurkan alat penginstalan, lalu pilih “Perbarui PC ini sekarang”. Ini akan memakan waktu cukup lama alat menyiapkan PC untuk beralih ke Windows 10, tetapi Anda akhirnya akan ditanya file apa yang ingin Anda simpan. 

Pilih opsi “Tidak Ada” yang seperti diperingatkan di prompt, akan menghapus setiap file di komputer. Untuk alasan ini, Anda harus memastikan file apa pun yang ingin Anda simpan dicadangkan di drive lokal atau di akun cloud sebelum kembali ke versi OS yang lebih lama. Microsoft memiliki dokumen dukungan yang mencakup alat pencadangannya untuk Windows 10 dan 11. 

Selesai mengeklik melalui alat unduh saat diminta, setelah itu PC akan reboot. Ketika dihidupkan kembali, petunjuk penginstalan Windows 10 akan muncul, memungkinkan Anda untuk menyelesaikan penginstalan dan pengaturan mesin dengan salinan baru dari sistem operasi lama. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement