Rabu 15 Dec 2021 08:41 WIB

Jatuh Bangun Kerajaan-Kerajaan di Indonesia karena Ekonomi

Pelajaran dari jatuhnya bangunnya kerajaan di Indonesia

Kerajaan Luwu merujuk coin berangka tahun 1250.
Foto: Ridwan Saidi
Kerajaan Luwu merujuk coin berangka tahun 1250.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

Faktor sejati yang dorong berdirinya power system di Indonesia adalah ekonomi. Juga faktor ekonomi yang melenyapkan sebuah power system. Majapahit tahun 1479 dan kerajaan Sunda tahun 1579 lenyap karena ekonomi.

Ini harus nenjadi pelajaran pada kita semua yang hidup di jaman Now. Banyak kalangan mengingatkan jumlah hutang Indonesia saat ini jelang ambang batas. Tapi untuk bikin tingkat hutang O% sama sulitnya dengan  Presidential Threshold 0%.

Power system pertama di Asia Tenggara Champa yamg diklaim sudah ada pada VII M. Tetapi kerajaan Champa dikenal pada XII M ketika menjadi kerajaan Islam dengan ibukota Vijaya yang dikenal juga sebagai Sri Vijaya, kota pantai. Income kerajaan ini perdagangan.

 

Temasik di Singapura sekarang baru berdiri tahun 1299. Singapura daerah labuhan.

Begitu juga Samudra Pasai, Aceh. Ada labuhan. Dari coin mas yang diedarkan, Samudra Pasai paling tidak sudah berdiri pada XIII M.

Kerajaan Luwu merujuk coin  (photo atas) berangka tahun 1250. Tak dapat disebut kerajaan pesisir, tapi dengan naskah La Galigo dan mesjid atap terbuka di Malangka, Luwu utara, kerajaan ini memiliki hubungan yang luas.Income dari perdagangan dan sangat.mungkin emas.

Angka tahun yang dapat dijadikan pegangan untuk kerajaan Sunda adalah prasasti Kebon Kopi II, Bogor. Di tepi kali Ciaruteun terdapat banyak sekali prasasti yang berasal dari abad XIII termasuk Kebon Kopi II. Income kerajaan Sunda perdagangan, termasuk emas.

Majapait berdiri seusai serbuan Mongol ke minor power system Singasari tahun 1293. Diperkirakan kerajaan muslim Majapait itu bediri 1295. Income perdagangan emas.

Kerajaan Kutai Kartanegara berdiri tahun 1300 M. Kalau claim yang beredar IV M. Income diduga perdagangan.

Faktor yamg mendorong berdirinya kerajaan-kerjaan di Andunisi yang rata-rata pada abad XIII M, majunya perdagangan internasional di Andalusia, itu kesatu. Kedua makin meningkatnya penggalian emas di Andunisi.

Memasuki abad XIV makin meluas pertumbuhan mayor power system di Andunisi seperti Pagaruyung dan kerajaan Palembang. Seterusnya bertambah terutama pada era Ottoman sejak tahun 1453.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement