Rabu 15 Dec 2021 01:42 WIB

PSSI Berharap Diskresi Pemerintah Singapura Agar Elkan Baggott Main Lawan Vietnam

Elkan Baggott harus dikarantina karena satu pesawat dengan seorang yang positif Covid

Bek timnas Indonesia Elkan Baggott diperkirakan akan absen saat melawan Vietnam dalam laga Grup Piala AFF 2020, rabu (15/12). Elkan harus menjalani karantina karena satu pesawat dengan penumpang pesawat yang positif Covid-19.
Foto: Dok PSSI
Bek timnas Indonesia Elkan Baggott diperkirakan akan absen saat melawan Vietnam dalam laga Grup Piala AFF 2020, rabu (15/12). Elkan harus menjalani karantina karena satu pesawat dengan penumpang pesawat yang positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI masih berharap Elkan Baggott bisa tampil membela timnas Indonesia menghadapi Vietnam dalam laga ketiga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12). Elkan tak dapat memperkuat Indonesia karena satu pesawat dengan orang yang terkonfirmasi positif dari Inggris.

"PSSI berharap ini diselesaikan dan dibantu oleh panitia Piala AFF dan Federasi Sepak Bola Singapura karena kedatangan Elkan ke Singapura juga dalam rangka mewakili timnas Indonesia ikut menyukseskan Piala AFF di mana Singapura menjadi tuan rumah," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam pernyataannya pada Selasa (14/12) malam.

Baca Juga

Yunus mengatakan, ada beberapa hal yang dapat didiskresi oleh Pemerintah Singapur karena adanya Piala AFF. "Harapan kami demikian, ada diskresi untuk Elkan Baggott," ujarnya.

Yunus meminta semua pihak menanti perkembangannya hingga jelang pertandingan. Ia berharap ada kabar baik untuk timnas Indonesia terkait Elkan.

Sebelumnya, pemerintah Singapura melalui Kementerian Kesehatan mengirimkan surat kepada Elkan agar pemain tersebut melakukan karantina hingga 18 Desember. Yunus mengatakan PSSI memahami konsen dari pemerintah Singapura terkait penanganan Covid-19 di negara jiran tersebut.

Singapura termasuk sangat ketat dalam proteksi pencegahan Covid-19. Bila ada satu orang dalam pesawat yang datang ke negara mereka terdeteksi positif Covid-19, maka seluruh penumpang yang berada dalam satu pesawat tersebut wajib menjalani karantina. Terlebih dengan merebaknyavarian baru Omicron.

"PSSI memahami atensi dari pemerintah Singapura atas protokol kesehatan yang saat ini sangat ketat dilakukan oleh pemerintah Singapura," ujarnya.

PSSI, kata Yunus, menjalin komunikasi dengan kedutaan besar RI di Singapura. PSSI berharap Dubes RI untuk Singapura bisa membantu untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi timnas Indonesia. Dubes RI untuk Singapura saat ini dijabat oleh Suryopratomo.

Kebetulan, Suryopratomo merupakan mantan wartawan yang pernah bertugas puluhan tahun meliput sepak bola nasional. Diharapkan, perannya bisa membantu timnas Indonesia mendapatkan jalan keluar terbaik terkait Elkan.

Elkan bergabung dengan timnas Indonesia di Singapura dari Inggris sejak 8 Desember. Ia bermain melawan Laos pada Ahad (12/12). Elkan sudah menjalani tiga kali tes PCR yang menunjukkan hasil negatif Covid-19.

Baca juga : Piala AFF: Jangan Lewatkan, Berikut Jadwal Indonesia Vs Vietnam Malam Ini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement