Selasa 14 Dec 2021 22:03 WIB

Lansia Desa Rahayu Diajak Produktif dengan Budidaya Tosga

Kedepan, Tosga diharapkan bisa dibuat menjadi semacam obat atau jamu.

Lansia di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur membudidayakan tanaman obat da sayur keluarga.
Foto: Istimewa
Lansia di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur membudidayakan tanaman obat da sayur keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN--Para warga lanjut usia (lansia) dan pra lansia di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur diajak tetap produktif mengisi masa senjanya. Pertamina EP Sukowati Field mengajak mereka membudidayakan tanaman herbal melalui program Pengembangan Taman Obat dan Sayur Keluarga (Tosga).

Para lansia di Desa Rahayu membudidayakan jahe merah, binahong, jinten, kencur, temu lawak, kapulaga, dan sayuran di halaman rumah keluarga binaan. Ketua Kelompok Tosga Desa Rahayu, Sulastri (51 tahun) mengaku kegiatan produktif ini sangat menguntungkan untuk warganya.

Baca Juga

"Sekarang jika kita butuh sayur-sayuran tidak perlu lagi membeli, cukup memetik di halaman sendiri. Ingin obat herbal juga langsung bisa mengambil," tutur Sulasri, dalam keterangan, Selasa (14/12).

Ada tiga desa dari dua kecamatan di Tuban yang masuk dalam wilayah terdekat dengan kawasan Pertamina EP Sukowati Field itu. Yakni, Desa Rahayu di Kecamatan Soko, Desa Bulurejo dan Kebonagung di Kecamatan Rengel. Program Tosga pengembangan dari program Sahabat Pertamina yang berfokus pada program home care lansia untuk memastikan kesehatan mereka.

 

Ada 80 lansia yang rutin dikunjungi di desa-desa itu, rata-rata tujuh sampai delapan kali kunjungan setiap tahunnya. Pertamina EP Sukowati Field menggandeng STIKes Icsada Bojonegoro sebagai mitra dengan memberdayakan warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Sasaran program adalah mereka para lansia dan juga pralansia yang tinggal di sekitar lokasi operasional kegiatan Pertamina EP Sukowati Field.

Tim dari Sahabat Pertamina juga memberikan edukasi kepada warga agar benar-benar bisa mandiri secara kesehatan. Pada 2019 lalu muncul program unggulan untuk mengoptimalkan Polindes yang ada di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Tuban. Dari lahan yang ada di sekitar Polindes dan juga posko, Sahabat Pertamina kemudian membuat Tosga. Kedepannya, diharapkan Tosga bisa dimanfaatkan menjadi semacam obat atau jamu. Tujuannya, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lewat kegiatan produktif para lansia.

Manager Pertamina EP Sukowati Field Totok Parafianto mengatakan, meningkatnya proporsi penduduk usia lanjut menjadi perhatian pihaknya. Pada 2016, WHO mencatat angka harapan hidup Indonesia rata-rata adalah 69 tahun (71 tahun untuk wanita dan 67 tahun untuk pria). Pada 2018 data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka harapan hidup Indonesia meningkat menjadi 71,2 tahun, dengan 69,3 tahun untuk pria dan 73,19 tahun untuk wanita.

Bappenas bahkan memperkirakan  harapan hidup Penduduk Indonesia  mencapai 273,65 juta jiwa pada tahun 2025. Pada tahun yang sama angka harapan hidup diperkirakan mencapai 73,7 tahun,

 

"Kami berupaya mendorong para lansia tetap sehat, makin bugar dan lebih penting lagi kian produktif lewat program Pengembangan Taman Obat dan Sayur Keluarga (Tosga) serta kegatan senam sehat,” kata Totok.

Program Sahabat Pertamina ini sudah berjalan menuju tahun ketiga untuk wilayah Desa Rahayu, Kabupaten Tuban semenjak alih kelola Sukowati Field oleh Pertamina EP. Totok mengatakan, selain program Sahabat Pertamina, ada dua program lain yang ikut dalam SISKA AYU, yakni Program Pengelolaan Air Bersih HIPAM mBanyu Mili (akses terhadap air bersih) dan program Budidaya Kambing Tebing Berkat (ekonomi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement