Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketua Redaksi

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Error 503 Service Unavailable

Teknologi | Tuesday, 14 Dec 2021, 14:39 WIB
Sourcer : latestgadget.co

Sebelum membahas tentang cara mengatasi error 503 service unvailable, maka lebih dahulu anda harus paham soal error tersebut. Untuk masalah yang satu ini mungkin cukup sering dialami oleh mereka para blogger, dimana laman atau konten miliknya tidak bisa diakses oleh pengunjung

Nah ketika tidak bisa diakses ini muncul keterangan Error 503 Service Unvailable. Sebelum mencai bagaiaman mengatasinya, pastinya anda harus paham dulu mengenai sumber masalahya.

Pengertian Error 503

Error 503 Service Unavailable ini merupakan sebuah kode status respon HTTP dimana mengartikan jika server pada web anda sudah beroperasi dengan benar, hanya saja sekarang tidak bisa menangani permintan dari klien. Sebenarnya ini adalah sebuah pesan error yang umum terjadi, sehingga cukup sulit untuk menentikan penyebab dari masalah tersebut.

Maka dari itu, untuk cara mengatasi Error 503 service unavailable ini ada beberapa langkah yang bisa anda coba lakukan, penasaran apa saja? langsung simak dibawah ulasan yang dilansir dari Fauxsaics di bawah ini.

1. Restart Server

Cara mengatasi Error 503 service unavailable yang pertama bisa anda lakukan adalah cara melakukan restart pada server. Terkadang penyebab terjadinya error ini karena adanya penumpukan traffic yang menghosting pada situs web.

Nah jika situs web yang anda miliki ini memiliki hosting di sejumlah server, maka anda bisa melakukan restart semuanya untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Web Server Sedang Maintenance?

Hal yang lumrah terjadi, dimana setiap kali ada maintenance pastinya sebagian besar dari Web server ini bakal dimatikan. Cobalah anda buka bagian menu pengaturan administrasiserver, lalu silahkan anda periksa opsi konfigurasi untuk mengecek kapan sesi maintenane ini otomatis dijadwalkan.

Nah jika anda lebih suka untuk memiliki kendali penuh soal maintenance server, maka silahkan matikan pembaruan otomatis tersebut pada menu Konfigurasi.

3. Lakukan Perbaikan Konfigurasi Firewall yang Salah

Cara mengatasi Error 503 service unavailable selanjutnya adalah dengan memperbaiki konfigurasi firewall yang salah. Firewall ini bisa jadi pelindung dari web anda, dimana ia memiliki tugas untuk menghalau serangan DdoS terdistribusi masuk kedalam web anda.

Nah karena adanya konfigurai firewall yang salah ini, terkadang membuat permintaan dari klien dianggap sebagai ancaman sehingga server anda pun menolaknya. Silahkan periksa konfigurasi firewall pada situs anda untuk coba mengatasi masalah ini.

4. Periksa Server-side logs

Pada bagian server ini terdapat dua log, yakni log aplikasi dan log server. Dimana unutk log aplikasi ini bertugas untuk membagikan berbagai riwayat pada situs anda, sehingga memungkinkan pengunuung bisa melihat halaman web yang dia inginkan.

Sementara untuk log server ini bertugas memberikan informasi mengenai perangkat keras yang jalankan server, memberikan detail soal kesehatan dan statusnya. Dengan begini anda bisa memantau informasi yang mengkhawatirkan soal server maupun situs anda tersebut.

5. Telusuri kode error dari Situs Web Anda

Jika terdapat kesalahan pada website anda, maka server web tidak bisa menjawab permintaan dari jaringan pengiriman konten yang sesuai. Silahkan anda cari kode error tersebut untuk menemukan bug,.

Cukup sekian ulasan tentang cara mengatasi Error 503 service unavailable, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image