Rabu 15 Dec 2021 01:01 WIB

Semangat Nenek Karwiti Berlenggok di Catwalk Sebelum Divaksin

Lansia merupakan kelompok beresiko tinggi yang mengalami kondisi berat akibat covid.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Pemkab Indramayu menyelenggarakan fesyen show khusus lansia, di Pendopo Indramayu, Selasa (14/12). Kegiatan itu dilakukan mengiringi vaksinasi serentak terhadap lansia.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Pemkab Indramayu menyelenggarakan fesyen show khusus lansia, di Pendopo Indramayu, Selasa (14/12). Kegiatan itu dilakukan mengiringi vaksinasi serentak terhadap lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, Pemkab Indramayu terus berupaya mengejar capaian target vaksinasi bagi lansia. Beragam cara dilakukan untuk menarik minat para lansia, salah satunya dengan menyelenggarakan fesyen show khusus lansia, Selasa (14/12).

Kegiatan yang digelar di Pendopo Indramayu itu diikuti oleh 62 lansia yang berasal dari 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu. Para lansia, baik laki-laki maupun perempuan, tampak antusias berlenggak-lenggok di atas catwalk bak model.

Nenek Karwiti (81 tahun) contohnya. Lansia asal Desa Segeran, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu itu tanpa malu-malu langsung melangkah di atas catwalk saat namanya di panggil oleh pembawa acara. Bedak tebal menutupi wajahnya. Lisptik berwarna merah menghiasi bibirnya yang sudah tidak bergigi.

Meski demikian, sisa kecantikan usia mudanya masih terpancar dibalik kulitnya yang keriput. Kain kebaya berwarna merah semakin menambah pesonanya. "Dandan dari pagi, abis Subuh, karena semangat dan senang sekali," kata Karwiti.

Karwiti mengaku, didandani oleh ibu kepala desa Segeran. Pasalnya, dia tidak bisa berdandan. Nenek yang sudah memiliki tiga orang buyut itu kesehariannya hanya berjualan ataupun bekerja di sawah.

Dengan menggendong bakul di pinggangnya, Karwiti pun melenggang bersama tetangganya sesama lansia, Naripan (79). Keduanya terus bergandengan bagai couple yang tak terpisahkan. Riuh rendah tawa dan teriakan semangat dari para penonton terus bergema mengiri langkah keduanya.

 

 

 

photo
Seorang lansia mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 di Pendopo Kabupaten Indramayu, Selasa (14/12). - (Republika/Lilis Sri Handayani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement