Selasa 14 Dec 2021 17:23 WIB

Kemarau Melanda, Arab Saudi Gelar Sholat Istisqa

Saudi gelar sholat istisqa karena kekeringan yang melanda.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Kemarau Melanda, Arab Saudi Gelar Sholat Istisqa. Ilustrasi
Foto: SPA
Kemarau Melanda, Arab Saudi Gelar Sholat Istisqa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Muslim di seluruh Arab Saudi melakukan sholat Istisqa atau sholat yang ditujukan meminta hujan. Sholat ini merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Ritual ini digelar karena kekeringan yang melanda. 

Dilansir dari Arab News, Selasa (14/12), di Makkah, ritual ini dilakukan di Masjidil Haram dan dihadiri oleh Pangeran Khaled Al-Faisal, penasihat Raja Salman dan Gubernur wilayah Makkah. Di Madinah, sholat dilakukan di Masjid Nabawi dan dihadiri oleh Pangeran Faisal bin Salman, gubernur wilayah Madinah.

Baca Juga

Di Riyadh, sholat dilakukan di Masjid Imam Turki bin Abdullah dan dihadiri oleh Pangeran Mohammed bin Abdulrahman bin Abdulaziz, wakil gubernur wilayah Riyadh. Dalam khutbah mereka, para khatib mendesak umat Islam untuk berdoa kepada Allah untuk pertobatan dan pengampunan. Ibadah ini digelar untuk melakukan perbuatan baik serta untuk memohon hujan.

Sholat istisqa adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan atau hajat tertentu.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiallaahu anhu ia berkata, "Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam ke luar dengan berpakaian sederhana, penuh tawaduk dan kerendahan. Sehingga tatkala sampai di mushala, dia naik ke atas mimbar, tetapi tidak berkhutbah sebagaimana khutbah kalian ini. Ia terus menerus berdoa, merendah kepada Allah, bertakbir kemudian sholat dua rakaat seperti sholat ketika Id". (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi dan di hasankan oleh al-Albani).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement