Selasa 14 Dec 2021 16:48 WIB

RI-Rusia Gelar Konsultasi Bilateral Bidang Keamanan

Indonesia dan Rusia selenggarakan Konsultasi Bilateral bidang keamanan di Jakarta

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay P. Patrushev di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/12/2021). Indonesia dan Rusia selenggarakan Konsultasi Bilateral bidang keamanan di Jakarta.
Foto: Antara/Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay P. Patrushev di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/12/2021). Indonesia dan Rusia selenggarakan Konsultasi Bilateral bidang keamanan di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Indonesia dan Rusia menyelenggarakan Konsultasi Bilateral ke-6 bidang keamanan di Jakarta, Selasa (14/12). Konsultasi ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay Patrushev.

 

Baca Juga

Mahfud MD mengatakan hubungan kerja sama kedua negara telah saling menguntungkan di berbagai bidang terutama bidang politik, hukum, dan keamanan terus berkembang. Konsultasi ini pun merupakan salah satu mekanisme berkala kedua negara untuk memperkuat kerja sama di bidang politik, hukum, dan keamanan.

"Hal ini sesuai dengan keinginan kuat kedua negara untuk memperkuat kerja sama serta komitmen atas perdamaian dan stabilitas kawasan dan global, yang tertuang dalam draft dokumen Deklarasi Kemitraan Strategis," ujar Mahfud MD dalam keterangan persnya, Selasa.

 

Konsultasi juga turut membahas berbagai situasi politik dan keamanan yang menyangkut hubungan bilateral kedua negara. Selain itu kedua pihak membahas situasi dan perkembangan regional dan internasional yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

 

Di tingkat bilateral, kedua pihak mendorong kesepakatan Deklarasi Kemitraan Strategis Indonesia-Rusia dan Perjanjian Ekstradisi dan Perjanjian Rezim Visa. Ketiga kesepakatan utama ini diharapkan dapat ditandatangani kedua pemimpin negara pada 2022. Kedua pihak juga menyambut baik proses ratifikasi Mutual Legal Assistance oleh kedua negara.

 

Pada tataran regional dan global, Indonesia dan Rusia mencatat situasi dunia yang tengah menghadapi ancaman instabilitas dan keamanan seperti peningkatan ketegangan di kawasan, tindak terorisme, penyelundupan obat terlarang, dan kejahatan lintas batas lainnya. Masalah kemanusiaan di Myanmar dan Afghanistan juga menjadi perhatian kedua pihak dalam konsultasi tersebut.

 

Di akhir Konsultasi Bilateral ke-6 ini, Menko Polhukam dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia menandatangani Perjanjian Kerja Sama Bilateral di bidang Keamanan Informasi Internasional.

 

Pada Senin (13/12), Sekretaris Nikolay Patrushev melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI. Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Nikolay Patrushev didampingi Menko Polhukam,Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Pada kesempatan itu, Presiden menyambut baik penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU kerja sama bidang keamanan informasi internasional antara Indonesia dan Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement