Selasa 14 Dec 2021 15:52 WIB

Cara Lakukan Panggilan Video FaceTime dengan Pengguna Android

Pembaruan FaceTime di iOS 15 memungkinkan panggilan dengan ponsel Android.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Video call dengan aplikasi FaceTime
Foto: toms guide
Video call dengan aplikasi FaceTime

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FaceTime merupakan produk telepon video eksklusif yang dikembangkan oleh Apple Inc. FaceTime tersedia di perangkat seluler iOS dan komputer Mac.

Namun, sekarang, FaceTime terbaru di iOS 15 memungkinkan orang yang menggunakan ponsel Android atau laptop Windows dapat bergabung dalam panggilan FaceTime.

Baca Juga

Fitur ini bisa menjadi alternatif lain selain panggilan video lewat Zoom atau Microsoft Teams. Sistem operasi iOS 15 baru sekarang tersedia gratis. Selain melakukan obrolan video dengan orang-orang yang tidak menggunakan produk Apple, pembaruan FaceTime juga mencakup tampilan baru, mode Potrait, kemampuan untuk menjadwalkan panggilan, dan fitur menonton pesta yang disebut SharePlay.

Untuk menikmati panggilan FaceTime, Anda harus mengunduh iOS 15 dulu. Berikut cara mulai panggilan FaceTime dengan pengguna Android atau Windows, seperti dilansir CNet, Selasa (14/12):

1.Buka aplikasi FaceTime.

2.Ketuk “Create link” atau Buat Tautan.

3.Sebuah layar akan meluncur dari bawah yang bertuliskan “FaceTime link.” Anda dapat mengklik “Add Name” atau Tambah Nama untuk memasukkan nama untuk obrolan Anda.

4.Pada layar yang sama, Anda akan melihat opsi untuk membagikan tautan melalui teks, email, Twitter, kalender, atau aplikasi lain yang Anda miliki. Selain membagikan tautan, Anda juga dapat menyalin dan menempelkan tautan.

5.Untuk bergabung dengan panggilan sendiri, ketuk nama obrolan yang baru saja Anda buat, lalu klik “Join” atau Gabung.

6.Ketika pengguna Android atau Windows mengklik tautan, itu akan membawa mereka ke ruang tunggu di mana Anda dapat mengizinkan mereka untuk bergabung dengan mengetuk tanda centang di sebelah nama mereka.

Untuk bergabung dengan panggilan FaceTime di perangkat Android atau Windows yang Anda butuhkan hanyalah tautan yang dikirimkan oleh orang yang memiliki perangkat Apple. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah. Berikut cara bergabung dengan panggilan FaceTime melalui tautan bersama.

1.Buka tautan FaceTime yang dibagikan.

2.Tautan akan terbuka di browser Anda. Masukkan nama Anda dan ketuk “Continue” atau Lanjutkan.

3.Layar akan mengatakan “Waiting to be let in” atau “Menunggu untuk diizinkan masuk” sampai orang yang mengundang Anda menyetujui Anda untuk bergabung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement