Selasa 14 Dec 2021 13:28 WIB

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Sebagai Mata Rantai Herd Immunity

Lewa vaksinasi anak usia 6-11 Indonesia diharapkan segera mencapai herd immunity.

Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang anak di SDN Cilandak Barat 04, Jakarta, Selasa (14/12). Kementerian Kesehatan memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia enam hingga sebelas tahun dengan jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta di Indonesia. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika
Tenaga kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada seorang anak di SDN Cilandak Barat 04, Jakarta, Selasa (14/12). Kementerian Kesehatan memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia enam hingga sebelas tahun dengan jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta di Indonesia. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Dian Fath Risalah, Zainur Mashir Ramadhan, Antara

Tangis para murid SDN Pondok Bambu 02, Duren Sawit, Jakarta Timur menjadi penanda dimulainya vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak usia 6- 12 tahun, Selasa (14/12). Untuk menenangkan mereka, petugas kesehatan menyediakan hadiah balon bagi anak-anak yang mau divaksin.

Baca Juga

"Saya senang anak saya dapat vaksin biar bisa cepat masuk sekolah karena kadang kalau di rumah anak-anak suka malas," kata salah satu orang tua, Lia.

Lia mengatakan, bahwa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 bagi anaknya hanya membawa kartu keluarga dan kartu identitas anak (KIA). "Ini vaksin dosis pertama jenis Sinovac. Untuk dosis kedua rencananya tanggal 11 Januari 2022," ujar Lia.

Salah seorang orang tua siswa lainnya, Nurul, mengatakan, bahwa pemberian vaksinasi bagi anak tak berbeda jauh dengan orang dewasa. Dia mengatakan, pertama-tama setelah melakukan pendaftaran anaknya diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.Setelah dinyatakan sehat dan menerima vaksin Covid-19, selanjutnya dilakukan observasi untuk mengetahui kondisi kesehatan setelah pemberian vaksin.

"Alhamdulillah anak saya dapat vaksin. Tadi anaknya senang, tidak takut," ujar Nurul.

Kegiatan vaksinasi usia anak di SDN Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat juga dipantau langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain Anies, sejumlah pejabat lainnya turut hadir, antara lain Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Febrie Adriansyah dan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti.

"Ini kamu badannya besar. Yang kuat ya," kata Anies seraya memberi semangat salah satu murid SDN Cempaka Putih Timur Jakarta.

Anies mengatakan, pihaknya menargetkan setidaknya ada 10 ribu anak yang divaksinasi dosis pertama.

“Pada hari ini di Jakarta ada sekitar 10 ribu anak usia 6-11 tahun yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama,” kata Anies kepada awak media, saat ditemui di lokasi, Selasa (14/12).

Menurut Anies, ada sekitar 1,1 juta anak usia 6-11 tahun di DKI Jakarta. Dia menegaskan jika jumlah itu akan divaksinasi secara bertahap di berbagai fasilitas kesehatan (faskes) dan sentra vaksinasi di berbagai lokasi.

“Kami mengajak para orang tua untuk menyegerakan dan mengajak anak-anaknya yang berusia 6-11 tahun untuk segera mendatangi faskes yang ada,” tutur dia.

In Picture: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai Hari Ini

photo
Tenaga kesehatan memeriksa kesehatan seorang anak sebelum disuntik vaksin Covid-19 di SDN Cilandak Barat 04, Jakarta, Selasa (14/12). Kementerian Kesehatan memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia enam hingga sebelas tahun dengan jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta di Indonesia. Republika/Putra M. Akbar - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement