Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Hutama Karya Antisipasi Lonjakan Trafik Nataru 

Selasa 14 Dec 2021 13:18 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha

PT Hutama Karya (Persero) memastikan akan mengantisipasi lonjaka trafik saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

PT Hutama Karya (Persero) memastikan akan mengantisipasi lonjaka trafik saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Foto: ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
Hutama Karya menambah kapasitas gardu di sejumlah gerbang tol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Karya (Persero) memastikan akan mengantisipasi lonjaka trafik saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Setelah pemerintah menerbitkan aturan lengkap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat Nataru, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan tetap melakukan persiapan pelayanan tambahan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik pada jalan tol yang dikelola khususnya di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

"Persiapan ini mencakup peningkatan pelayanan, pemeliharaan, serta pengetatan protokol kesehatan di jalan tol yang dikelola," kata Koentjoro dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (14/12).

Baca Juga

Koentjoro menjelaskan, untuk pelayanan akan melakukan penambahan kapastitas gardu di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan dan ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang menjadi pintu awal masuk JTTS menjadi tiga entrance dan empat exit. Selain itu juga penambahan gardu di GT Itera, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung menjadi tiga entrance dan tiga exit.

"Kami juga lengkapi setiap gardu dengan bantuan mobile rider untuk mengantisipasi terjadinya antrean di gerbang tol," ujar Koentjoro. 

Sementara itu, untuk mengantisipasi kemacetan di penyebrangan Bakauheni, Koentjoro mengatakan Hutama Karya bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan kantong-kantong parkir. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi antrean mengingat saat ini tiket kapal sudah melalui online. 

"Demi kenyamanan pengguna jalan tol, kami tetap mengoperasikan seluruh rest area yang dikelola," tutur Koentjoro. 

Sembilan  tempat istirahat tersebut yakni di ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung tepatnya di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, dan KM 311 A. Selanjutnya, delapan tempat istirahat doi Terbanggi Besar yang terletak di KM 20 A, KM 20 B, KM 49 A, KM 87 B, 116 A dan KM 116 B. Selain itu juga empat rest area temprorary di Ruas Pekanbaru - Dumai yang kualitas-nya sudah cukup lengkap seperti SPBU, tenan UMKM, Minimarket, Musholla, dan lainnya. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA